Hujan menjadi salah satu berkah yang diturunkan oleh Allah SWT. Nah, ada doa ketika turun hujan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Hujan menjadi kesempatan untuk berdoa. Sebab, berdoa saat hujan bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Hal itu terdapat dalam Hadist Riwayat Al Hakim dan Al Baihaqi di mana Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda

"Dua doa yang tidak akan ditolak, (1) doa ketika adzan, dan (2) doa ketika turunnya hujan."

Ragam Bacaan Doa Saat Turun Hujan, Yuk Ajarkan Pada Si Kecil Agar Bermanfaat

Dilansir NewsDetik, Berikut ini Moms, doa-doa yang bisa Moms ajarkan pada si kecil ketika hujan turun:

Doa Ketika Mendung dan Langit Diselimuti Awan Hitam

Hujan secara ilmiah memiliki arti, jatuhnya titik-titik air yang berasal dari kumpulan titik-titik awan yang sedang mengalami tingkat kejenuhan maksimal. Hujan sendiri merupakan salah satu fase siklus air yang terdapat di bumi, dimana air laut yang menguap menjadi awan dan kemudian tertiup angin sampai berada di wilayah tertentu.

Awan tersebut akan berkumpul dan bertambah dengan awan-awan lain yang berada disekitarnya. Selanjutnya setelah awan tersebut mencapai titik jenuh, akan turun sebagai hujan. Berikut doa yang dipanjatkan saat mendung dan langit diselimuti awan hitam:

Doa Ketika Mendung dan Langit Diselimuti Awan Hitam

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا فِيْه

“Ya Allah. Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang terkandung di dalam awan ini.” (HR Bukhari)

baca juga

Doa ketika Turun Hujan

Doa turun hujan diriwayatkan oleh Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan

Arab : إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucap 'Allahumma shoyyiban nafi'an'."

Doa ketika Turun Hujan
source: https://news.detik.com/

Doa Ketika Hujan Lebat

Selain itu, ketika hujan menjadi lebih lebat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam juga berdoa pada Allah SWT. Dalam doanya, ia meminta agar cuaca dikembalikan menjadi cerah.

Berdasarkan Hadist Riwayat Bukhari nomor 1014, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berdoa:

Arab : اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Doa Ketika Hujan Lebat

Latin : Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya : Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.

baca juga

Doa Ketika Angin Bertiup Kencang

Saat angin bertiup jauh lebih kencang dari yang dibutuhkan disanalah bencana terjadi, akibatnya terjadilah musibah angin puyuh, angin puting beliung, angin topan, dan angin yang lainnya.

Dan yang dapat membentuk kita untuk terhindar dari musibah angin-angin tersebut. Ya benar, Islam mengajarkan kita untuk banyak berdoa di dalam setiap keadaan.  Dalam setiap keadaan, kita tidak boleh lupa untuk berdoa, termasuk saat angin bertiup kencang.

Doa Ketika Angin Bertiup Kencang

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أرسلت بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أرسلت بِهِ.

“Ya Allah. Sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan angin (ribut ini), dan kebaikan apa yang ada di dalamnya dan kebaikan dari tujuan angin itu

Doa Ketika Mendengar Petir

Petir dan kilat banyak menciptakan rasa takut maupun khawatir bagi manusia karena energinya yang besar. Untuk itu, seperti halnya hujan deras, meskipun petir dan kilat amat cukup menakutkan dan membuat khawatir, anda tetap saja tidak boleh mencela petir maupun kilat. Karena petir dan kilat merupakan salah satu ciptaan dari Tuhan semesta, maka bila anda mencela petir atau ciptaan-Nya yang lain, maka sama halnya anda juga mencela sang Penciptanya.

Doa Ketika Mendengar Petir
source: https://news.detik.com/

Berikut doa yang dipanjatkan saat mendengar petir:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِه

 “Maha Suci Allah yang halilintar/petir bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya.” (disebutkan oleh Syaikh al albany, sanadnya shahih mauquf di Al Muwattho’ bab 2/992)

Doa ketika hujan reda

Setelah doa turun hujan, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda mengenai doa ketika hujan reda. Berdasarkan hadist riwayat Bukhari nomor 846 dan Muslim nomor 71, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda

Arab: أَصْبَحَ مِنْ عِبَادِى مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ فَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ. فَذَلِكَ مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ بِالْكَوْكَبِ وَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا. فَذَلِكَ كَافِرٌ بِى مُؤْمِنٌ بِالْكَوْكَبِ

Doa ketika hujan reda

Artinya: Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan 'Muthirna bi fadhillahi wa rohmatih' (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dia lah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan, yang mengatakan 'Muthirna binnau kadza wa kadza' (kami diberi hujan karena sebab binatang ini dan ini), maka dia lah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang.

Nah Moms, itu tadi doa-doa yang bisa Moms ajarkan pada si kecil ketika hujan turun. Semoga doa-doa tersebut bisa mendatangkan manfaat ya, Moms.