Bahaya mengucek mata

Dilansir dari HaiBunda, Moms tidak perlu panik saat si kecil kelilipan. Sebisa mungkin cegah anak bila ingin mengucek matanya. Sebab, bila dikucek, dikhawatirkan benda yang masuk ke mata dapat mengiritasi atau melukai bagian dalam mata ataupun kornea mata. Apalagi, bila benda yang masuk ke mata memiliki tekstur yang keras dan kasar seperti pasir. Ditakutkan dapat melukai mata bila anak menguceknya secara tidak sadar.
Bahaya mengucek mata
source: http://www.thinkstock.com

Bahaya mengucek mata juga disampaikan oleh dr. Boy Abidin. Ketika si kecil kelilipan, menurut dr. Boy, "Jangan digosok. Jangan ditekan-tekan. Karena kan pasir ini merupakan partikel yang besar. Kalau digosok, takutnya dia akan merusak kornea mata," ucap dr Boy Abidin dalam program Dr Oz Indonesia.

Cara mengatasi kelilipan pada anak

Ketika anak mengalami kelilipan, sebaiknya Moms tidak panik. Kemudian dampingi si kecil dan usahakan agar anak tidak mengucek bagian mata yang kelilipan. Cara yang paling tepat untuk mengatasi kelilipan adalah dengan membasuhnya dengan air bersih. Berikut cara membasuh anak yang mengalami kelilipan:
  1. Angkat kelopak mata dan minta anak untuk menggerakan bola matanya dengan gerakan memutar. Kemudian, tiup tepat pada mata anak.
  2. Bila dirasa masih kelilipan, basuh mata anak dengan air bersih atau air mineral. Pastikan mata anak terbuka saat dibasuh dengan air
  3. Ulangi hingga benda yang masuk ke dalam mata sudah hilang
Cara mengatasi kelilipan pada anak
source: http://www.istockphoto.com
baca juga

Perlu diperhatikan untuk menggunakan air bersih atau air matang, ya, Moms. Kalau tidak ada, Moms bisa menggunakan air mineral kemasan. Hindari menggunakan air keran. Sebab air keran belum dijamin kebersihannya dan dikhawatirkan mengandung banyak kotoran yang justru dapat masuk ke mata anak. Lebih baik, menggunakan air mineral yang sudah dijamin kebersihannya.

Bila benda yang masuk ke dalam mata belum kunjung keluar, segera hubungi dokter. Sebab, apabila benda yang masuk ke dalam mata tidak dapat keluar, dapat mengiritasi atau menggores mata. Amati perilaku anak, bila anak mengeluh matanya terasa sakit atau berair, segera bawa ke dokter, ya, Moms.