Minuman Manis yang Dingin

"Minuman yang paling disukai Rasulullah saw adalah minuman manis yang dingin."(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi `Umar, dari Sufyan, dari Ma'mar, dari Zuhairi, dari `Urwah, yang bersumber dari `Aisyah r.a.)

Berdasar hadis di atas, terdapat penjelasan bahwa Rasulullah sangat menyukai air manis yang dingin ya moms. Untuk menambahkan rasa manis air Rasulullah hanya akan menambahkan madu tanpa bahan tambahan lain, hal ini tentu tak lepas karena tingginya manfaat madu. Makanya mom jangan heran ya jika sarapan favorit Rasulullah air dan madu. Dan untuk dapat meracik sarapan favorit nabi ini moms hanya perlu menambahkan satu sendok makan madu ke segelas air ya.

Dilansir dari DetikFood, jika mengamalkan sunah sarapan ala Rasulullah tadi dapat membersihkan lambung, membantu mengaktifkan usus-usus kembali setelah istirahat semalaman dan juga meenyembuhkan sembelit. Sehingga kebiasaan minum air dingin dan madu ini bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Air Dingin dan Madu Jadi Sarapan Sehat Rasulullah, Apa Saja Manfaatnya?

Mengonsumsi Kurma

Walaupun Rasulullah sering membuka hari dengan mengonsumsi segelas air dingin yang ditambah satu sendok madu. Tapi tak hanya itu, Nabi juga menganjurkan untuk mengonsumsi kurma pada pagi hari saat sarapan ya moms. Biasanya Rasulullah akan mengkonsumsi kurma memasuki waktu dhuha yakni pagi menjelang siang.

Nabi Muhammad SAW selalu mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa yang sudah matang sebagai sumber energi sekaligus sebagai penangkal racun. Sebagaimana Rasulullah pernah bersabda, "Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun."

Manfaat kurma sebagai sabda Rasulullah sesungguhnya juga terbukti secara medis lho moms, menurut peneliti sejarah Islam dari Brain Community Muhammad Hafi, khasiat zat dalam kurma mampu menghilangkan racun dalam tubuh.

Air Dingin dan Madu Jadi Sarapan Sehat Rasulullah, Apa Saja Manfaatnya?

Tidak Banyak Makan Karbohidrat 

Tentu banyak yang mengetahui jika Nabi Muhammad SAW senantiasa berusaha untuk menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani ya moms. Bahkan, karena ikhtiar inilah, Rasulullah hanya sakit dua kali sepanjang hidupnya.

Dan salah satu pola makan Rasulullah yang jarang diketahui adalah tidak mengasup banyak karbohidrat sepanjang hari. Bahkan untuk menu malam hari makanan nabi adalah sayur-sayuran. Sebagaimana beberapa riwayat mengatakan, Rasulullah selalu mengonsumsi sana al makki dan sanut. Dan yang dimaksud al makki dan sanut menurut Prof. Dr. Musthofa di Mesir adalah sayur-sayuran.

Bagaimana moms dengan pola makan pagi yang dicontohkan Rasulullah tadi, sudahkah moms terinspirasi untuk mencobanya? Mencontoh perilaku dan mengikuti sunah Rasulullah bukan hanya memberi manfaatdi dunia ya moms namun juga akan membawa berkah di akhirat. Makanya yuk selalu kerjakan sunah!