1. ASI

ASI adalah salah satu asupan terbaik buat bayi berusia di bawah 6 bulan. Ini karena ASI lebih bernutrisi dibanding makanan lain. Oleh karena itu, sangat penting bagimu memberikan ASI ekslusif kepada bayi selama 6 bulan. Selagi menyusui, perhatikan pula nutrisi yang kamu konsumsi sehari-hari karena akan memengaruhi ASI-mu. Penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan yang nutrisinya lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat dan sebagainya. 
 

source: http://babygreatresources.com


 

baca juga

2. Kentang

Kentang adalah sumber karbohidrat yang bermanfaat untuk menambah berat badan bayi. Saat si bayi sudah mulai makan, buatkan kentang tumbuk untuknya. Ada baiknya memilih kentang yang keras daripada yang lembek, karena nutrisinya lebih tinggi. Adapun cara menyajikannya adalah dengan merebus kentang dan menumbuknya halus hingga menjadi puree. Lalu berikan pada bayi. Kentang tumbuk ini bisa kamu berikan kepada bayi hingga berusia 1 tahun. 
 

source: https://steamykitchen.com


 

3. Pisang

Pisang adalah sumber karbohidrat dan energi yang baik. Selain itu, teksturnya juga mudah dicerna oleh bayi. Pilih pisang berkualitas bagus dan sudah matang untuk diberikan kepada bayi. Salah satu jenis pisang yang cocok untuk bayi adalah pisang ambon. Pisang ini cocok diberikan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Sebagai awal, berikan pisang yang sudah dihaluskan 1 sampai 2 kali sehari sebagai makanan bayi. 
 

source: https://www.jamieoliver.com



 

baca juga

4. Alpukat

Rasa alpukat yang creamy pasti disukai bayi. Alpukat adalah salah satu jenis buah yang efektif menambah berat badan bayi bila diberikan secara rutin, karena kaya akan lemak baik. Selain itu, tinggi kandungan mineral dan vitaminnya.  Buah ini mengandung vitamin A, C, E, juga protein, lemak sehat, serta selenium, seng, dan karotenoid.  Teksturnya yang lembek juga mudah dicerna oleh bayi. 
 

source: http://www.foxnews.com


 

5. Telur

Telur adalah makanan yang kaya manfaat. Selain itu juga mudah didapatkan. Salah satu rahasia yang tidak banyak diketahui orang adalah ternyata telur dapat dimanfaatkan untuk menaikkan berat badan. Kamu bisa memberikan kuning telur kepada bayi di usia 8 bulan, dan satu telur utuh saat usianya menginjak satu tahun, Moms. Nggak usah khawatir bayi terkena alergi, karena jika diberikan secara terus menerus, telur malah dapat mencegah alergi yang dideritanya lho. 
 
source: https://healthnbodytips.com