Tahukah, Moms? Apel ternyata bagus untuk ibu hamil. Anak-anak yang lahir dari ibu yang rajin makan apel berisiko mengalami asma lebih kecil, Lho. Berbeda dengan anak yang ibunya jarang mengonsumsi apel.

Tidak hanya apel, anak-anak yang ibunya makan ikan minimal sekali seminggu, kecil kemungkinannya terkena eksem ketimbang anak-anak dari ibu yang tidak pernah makan ikan.

Ingin Pernapasan Anak Sehat? Yuk, Konsumsi Apel dan Ikan Saat Hamil!
source: https://www.haibunda.com/

Dilansir Haibundahal ini terungkap dalam penelitian SEATON, yang dilakukan di University of Aberdeen, Inggris. Namun sayangnya, studi ini tidak menemukan efek perlindungan terhadap asma atau penyakit alergi dari makanan lain. Termasuk sayuran, jus buah, buah jeruk atau kiwi, produk gandum, juga lemak dari produk susu atau margarin.

Hasil penelitian ini diperoleh dengan mempelajari 1.212 anak-anak yang lahir dari wanita yang mengisi kuisioner menu makanan selama kehamilan. Ketika anak-anak berusia 5 tahun, para ibu mengisi kuisioner tentang gejala pernapasan dan alergi anak-anak, serta kuisioner tentang konsumsi makanan anak mereka.

Ingin Pernapasan Anak Sehat? Yuk, Konsumsi Apel dan Ikan Saat Hamil!
source: https://www.haibunda.com/

Anak-anak juga melakukan tes fungsi paru-paru dan alergi. Peneliti Saskia Willers, M.Sc. dari Universitas Utrecht di Belanda, menjelaskan pada penelitian sebelumnya terhadap anak-anak yang sama terbukti ada efek perlindungan vitamin E dan D, serta. Kemudian, manfaat konsumsi makanan mengandung seng selama kehamilan untuk mengurangi risiko mengi dan asma anak-anak.

"Modifikasi diet selama kehamilan bisa membantu mencegah asma dan alergi pada anak-anak," kata Willers.

Efek menguntungkan dari apel itu, kata Willers, mungkin berasal dari antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Sedangkan efek perlindungan ikan kemungkinan besar berasal dari asam lemak omega-3, yang pada penelitian lain diduga memiliki efek perlindungan pada jantung dan mungkin memiliki efek perlindungan pada asma.

"Studi lain telah melihat efek nutrisi individu pada asma dalam kehamilan, tetapi penelitian kami melihat makanan tertentu selama kehamilan dan kaitannya dengan asma dan alergi saat masa kanak-kanak," ujar Willers.

baca juga

Menurut willers, pola makan ibu selama hamil mungkin lebih berpengaruh terhadap kesehatan pernapasan, ketimbang pola makan anak. Setidaknya, sampai anak usia 5 tahun. Namun, Willers mencatat diperlukan studi lebih lanjut dari kelompok anak-anak untuk melihat apakah ada hubungan diet ibu menurun pada anak yang lebih tua.

Ingin Pernapasan Anak Sehat? Yuk, Konsumsi Apel dan Ikan Saat Hamil!
source: https://www.haibunda.com/

Apel telah terbukti aman dikonsumsi saat Moms sedang hamil, ditambah apel sangat bergizi dan kaya akan antioksidan, fitonutrien, flavonoid, dan serat makanan.

Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Hamil

Nah Moms, selain ikan dan buah apel, ada lagi Moms makanan lain yang memiliki manfaat baik jika dikonsumsi saat hamil. Apa saja? Masih dilansir Haibunda, berikut ini daftarnya:

Jambu Biji
Buah ini kaya akan vitamin C dan E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, dan folat. Konsumsi jambu biji untuk ibu hamil sangat baik karena buah ini memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Makan jambu biji ketika hamil bisa membantu mengendurkan otot, melancarkan pencernaan, dan mengurangi sembelit.

Pisang
Pisang tinggi vitamin C, kalium, vitamin B6, dan serat. Serat yang terkandung dalam pisang dapat mengurangi sembelit pada kehamilan. Penelitian juga menunjukkan vitamin B6 bisa mengurangi mual dan muntah pada awal kehamilan.

Beri
Buah beri mengandung banyak air. Sehingga buah ini cocok dikonsumsi ibu hamil untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Vitamin C di dalamnya berguna untuk membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Nutrisi lain yang terkandung dalam buah beri yaitu karbohidrat dan serat.

Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Hamil
source: https://www.haibunda.com/
baca juga

Anggur
Konsumsi anggur memenuhi asupan nutrisi seperti vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin. Antioksidan pada anggur juga meningkatkan kekebalan dan mencegah terjadinya infeksi.

Buah Kering
Selain vitamin, mineral, dan serat yang juga dimiliki buah segar, konsumsi buah kering juga dapat memberi asupan energi bagi tubuh. Pada dasarnya, buah kering memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan buah segar.

Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Hamil
source: https://www.haibunda.com/

Tapi, perlu Moms ingat, buah kering memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dan kandungan air yang lebih rendah dibandingkan dengan buah segar. Jadikan konsumsi buah kering hanya sebagai tambahan saja ya, Moms. Tetap utamakan konsumsi buah segar. Dengan konsumsi buah setiap hari, Moms dapat memenuhi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah Moms, tunggu apa lagi? Yuk, perbanyak makan buah demi kebutuhan nutrisi sang buah hati.