1. Berendam Air Panas

Usia kehamilan (0-3 bulan) merupakan masa dimana janin masih berupa gumpalan darah dan belum terbentuk sempurna. Masa-masa hamil muda seperti ini sebaiknya hindari terlebih dahulu  mandi menggunakan air panas apalagi berendam di air panas. Jika dilakukan hal ini akan sangat berbahaya bagi janin, karena dapat menganggu perkembangan otak bayi, bahkan bisa menyebabkan keguguran.

source: https://www.babble.com

2. Mengecat Rambut

Buat Moms yang ingin ganti warna rambut sebaiknya ditahan dulu saat sedang hamil muda. Zat kimia yang terkandung dalam cat rambut akan terserap melalui kulit kepala dan meresap hingga plasenta bayi. Jika hal ini terjadi, maka Si janin akan terkontaminasi oleh zat berbahaya yang bisa berisiko bayi keracunan atau yang lebih parah terjadinya keguguran. 

source: https://www.beautyheaven.com.au
baca juga

3. Mengonsumsi Makanan Mentah

Meski menggemari makanan mentah seperti sushi atau sashimi, namun saat hamil muda Moms wajib jauh-jauh dari makanan tersebut. Bahaya mengonsumsi makanan mentah akan berisiko janin terkontaminasi oleh bakteri salmonella. Hal ini bisa menyebabkan pertumbuhan janin terganggu, bahkan bayi bisa lahir cacat. Nah, buat Moms yang sedang hamil di trimester pertama, wajib mengonsumsi makanan matang yang dimasak di atas suhu 200 derajat celcius. 

source: https://www.groupon.com

4. Begadang

Kurang tidur atau begadang hingga larut malam akan mempengaruhi kondisi fisik moms dan mengganggu perkembangan janin. Kurang istirahat juga akan berpengaruh terhadap hormon yang bisa membuat emosi moms menjadi naik turun. Kalau sudah begini Moms akan menjadi mudah stres dan otomatis janin di dalam kandungan menjadi terganggu perkembangannya. Pantangan ibu hamil yang satu ini wajib dihindari ya, Moms! 

source: https://rumaysho.com
baca juga

5. Menggunakan Kosmetik Berlebih

Tidak semua kosmetik mengandung bahan yang aman digunakan untuk ibu yang sedang hamil muda. Karena pada dasarnya kosmetik tetap terdapat kandungan kimia yang juga bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Nah, sebaiknya Moms tidak perlu make up secara berlebih, atau Moms bisa menggunakan produk pelembab wajah atau lip balm yang mengandung bahan-bahan alami. Pokoknya pastikan semua bahan yang terkandung dalam makeup aman buat Moms dan janin, ya. 

source: https://www.likeable.com