Mommy tentu sadar bahwa kebanyakan wanita mendambakan wajah yang bersih, cerah, dan bahkan putih. Meskipun memiliki tone warna kulit asli yang gelap, tidak jarang wanita-wanita ini melakukan segala cara untuk bisa tampil dengan kulit yang cerah dan bersih. Tidak tanggung-tanggung, beragam produk pemutih kulit akhirnya dicoba untuk memperoleh hasil terbaik. Sayangnya, banyak produsen produk pemutih kulit tidak bertanggung jawab yang menggunakan bahan campuran berbahaya yang harus diantisipasi, salah satunya adalah mercuri.

Waduh! Wanita Ini Terancam Lumpuh Permanen Karena Krim Pemutih Wajah
source: https://www.washingtonpost.com/

Melansir dari Wolipop, wanita ini koma karena keracunan zat kimia berbahaya methylmercury. Zat beracun ini diketahui terkandung dalam krim pencerah kulit yang ia kenakan selama bertahun-tahun lamanya. Wanita berusia 47 tahun ini ternyata membeli produk pemutih kulit tersebut di Meksiko dan sudah menggunakannya dalam tujuh tahun terakhir. Ia selalu menggunakannya secara teratur dua kali sehari. Penggunaan krim itu dimaksudkan untuk menghilangkan kerutan dan noda hitam di wajahnya.

Wanita itu ternyata tidak pernah menyadari bahwa krim yang ia gunakan bertahun-tahun ini ternyata memiliki kandungan methylmercury yang cukup tinggi. Setelah diperiksa, kandungan zat methylmercury yang terkandung dalam krim diketahui melebihi batas yang distandarkan oleh FDA, yaitu 1,2 persen. Selain itu, sebenarnya juga sudah ada aturan resmi mengenai larangan penjualan krim wajah yang mengandung lebih dari 1 ppm mercury.

Waduh! Wanita Ini Terancam Lumpuh Permanen Karena Krim Pemutih Wajah
source: https://i.dailymail.co.uk/

Pada awalnya, wanita itu merasakan rasa sakit seperti ditusuk-tusuk padaa Juli 2019. Ia juga mengaku bahwa lengannya seperti melemah. Akhirnya, ia memeriksakan kondisinya ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan. Akan tetapi, dokter belum dapat mendiagnosa penyakit spesifik yang dideritanya.

baca juga

Tidak disangka, kondisi wanita ini semakin memburuk, dua minggu kemudian ia akhirnya kembali ke dokter dengan keluhan pandangannya kabur dan mengalami kesulitan bicara. Karena melihat kondisi yang semakin parah, dokter akhirnya merujuknya ke rumah sakit di University of California, San Francisco (UCSF), untuk pemeriksaan dan perawatan yang lebih intensif.

Waduh! Wanita Ini Terancam Lumpuh Permanen Karena Krim Pemutih Wajah
source: https://www.sciencealert.com/

Setelah diperiksa, Dr. Paul Blanc dari Divisi California Poison Control System UCSF akhirnya mengungkap fakta bahwa wanita itu mengalami keracunan methylmercury. Dalam hasil uji pemeriksaan, methylmercury di dalam tubuhnya ditemukan dalam jumlah yang tidak wajar dan sangat tinggi. Diketahui, methylmercury adalah zat yang sangat beracun dan dapat berisiko tinggi menyebabkan rusaknya sistem saraf pusat secara permanen.

Tidak hanya itu, yang perlu diantisipasi lagi adalah zat methylmercury yang beracun ini menyerang sistem saraf pusat dengan gejala yang semakin parah saat seseorang berhenti menggunakannya. Itulah yang terjadi pada wanita ini. Ia diketahui mengalami penurunan kondisi tubuh setelah melakukan terapi pembuangan zat merkuri lewat urine.

Waduh! Wanita Ini Terancam Lumpuh Permanen Karena Krim Pemutih Wajah
source: https://www.bustle.com/

Diketahui hingga saat ini kondisi pasien masih belum membaik. Ia masih harus mendapatkan perawatan khusus untuk bisa kembali pulih. Hal ini tentu menjadi hal yang harus diperhatikan karena keracunan merkuri belakangan ini cukup banyak terjadi di California. Mayoritas kasus seperti ini disebabkan oleh penggunaan krim wajah ilegal dengan kandungan merkuri tinggi.