Seperti dilansir Haibunda, Kellen Cristina Marques de Lima dan tim dari departemen nutrisi University of Rio Grande, Brazil, menemukan paper towel atau handuk kertas secara signifikan menyerap minyak di makanan yang digoreng. Makanan tersebut antara lain bawang putih dan udang yang digoreng menggunakan minyak biji bunga matahari.

Selain itu, Kellen juga mencoba dengan daging yang digoreng dengan minyak biji bunga matahari juga canola oil. Bagaimana bila minyak pada gorengan diserap dengan tisu?

Bahaya Meniriskan Minyak Gorengan Pakai Kertas Koran, Ini Cara yang Benar!
source: https://www.haibunda.com/
"Penggunaan tisu kurang signifikan menyerap minyak dalam gorengan. Jadi, jenis minyak dan kertas yang digunakan untuk menyerap minyak berpengaruh juga," kata Kellen
source: https://www.haibunda.com/

Menurut Kellen, penggunaan tissu ternyata kurang signifikan dalam menyerap minyak pada gorengan. Karena jenis minyak yang digunakan saat menggoreng dan jenis kertas yang digunakan untuk menyerap minyak nyatanya berpengaruh, Moms. Jadi tidak bisa sembarangan.

Sementara itu, ada beberapa orang yang memanfaatkan kertas koran bekas sebagai alat untuk menyerap minyak pada gorengan. Bila ini dilakukan, apa dampak buruknya bagi kesehatan?

Mengutip Only My Health, tinta pada koran bisa terserap ke makanan dan masuk ke tubuh. Pelarut kimia bernama grafit bisa meresap ke makanan dan memasuki sistem tubuh serta menimbulkan risiko kesehatan yang serius seperti kanker.

Bahaya Meniriskan Minyak Gorengan Pakai Kertas Koran, Ini Cara yang Benar!

Perlu diketahui ya, Moms, jika tubuh terlalu banyak terpapar grafit yang menumpuk di ginjal atau paru-paru bisa berisiko bagi paru dan ginjal. Tidak hanya itu, pelarut kimia dalam tinta koran bisa mengganggu kesehatan pencernaan dan keseimbangan hormon, lho. Jadi harus hati-hati ya, Moms.

baca juga

Cara Tepat Meniriskan Minyak Pada Gorengan

Nah Moms, jika biasanya Moms menggunakan koran bekas untuk menyerap minyak pada gorengan agar cepat hilang. Sebaiknya mulai sekarang Moms menghilangkan kebiasaan tersebut. Karena seperti sudah dijelaskan tadi, hal tersebut bisa memicu gangguan pada kesehatan.

Agar minyak pada gorengan cepat hilang, biasanya wadah yang digunakan untuk meniriskan gorengan sudah dialasi dengan tisu atau kertas. Gorengan pun ditata dengan bentuk berdiri agar minyak cepat turun.

Cara Tepat Meniriskan Minyak Pada Gorengan

Tapi bukan hanya itu, Moms. Agar minyak pada gorengan tidak terlalu banyak, saat mengangkat gorengan dengan saringan, Jangan hentakkan saringan hanya sekali dua kali, tapi kita harus menghentakkannya paling lama selama 20 detik. Nah, dengan begini, minyak akan tiris dan turun kembali ke penggorengan dengan sempurna.

Bagaimana jika hanya menyandarkan saringan pada wajan? Cara itu juga bisa dilakukan, tapi minyak akan jauh lebih lama turun. Gerakkan menghentakkan saringan akan membantu minyak turun lebih cepat.

Jangan lupa ketika meniriskan dengan tisu atau kertas, ganti beberapa kali ya, Moms. Karena tisu yang telah penuh dengan minyak, tidak bisa lagi menyerap minyak dengan sempurna. 

Mari hidup lebih sehat Mommies.