1. Niat dan kurangi porsi

Hal pertama yang dilakukan jika ingin berhenti dari konsumsi gula adalah niat yang serius. Setelah niat dan tekad yang serius, mulailah dengan mengurangi porsi gula yang biasanya dikonsumsi. Dari 2 sendok gula pada teh atau kopi, dikurangi menjadi 1 sendok gula saja. Setelahnya, bisa dikurangi lagi menjadi setengah sendok gula hingga tidak menggunakan gula sama sekali. Pengurangan porsi gula ini dimulai dengan bertahap dan perlahan.
1. Niat dan kurangi porsi
source: http://www.shutterstock.com

2. Hindari makanan manis

Tentunya, gula terdapat pada makanan dan minuman yang manis. Bila ingin berhenti dari konsumsi gula, maka cobalah berhenti mengonsumsi semua makanan manis, seperti kue, permen dan eskrim, juga minuman manis seperti soda, boba tea dan lainnya. Memang sulit, namun harus diusahakan.

Perhatikan pula pada gula yang tersembunyi pada makanan biasa. Roti, nasi, sereal diketahui mengandung gula yang cukup besar. Saus mayonaise, saus tomat dan saus salad, juga biasanya mengandung gula tersembunyi di dalamnya. Jika ingin berhenti mengonsumi gula, sebaiknya kurangi porsi makanan-makanan ini. Bila memungkinkan, cek kadar gula pada tiap makanan.
2. Hindari makanan manis
source: https://www.shutterstock.com/
baca juga

3. Cari pengganti

Selain kebiasaan, biasanya seseorang mengonsumsi gula dalam jumlah banyak karena stress. Stress dapat membuat orang ingin mengonsumsi sesuatu yang manis. Sebab gula dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang dapat menenangkan tubuh. Untuk menghentikan konsumsi gula berlebih ini, sebaiknya cari 'pengganti' konsumsi gula. Bila sedang dalam keadaan stress, lampiaskan pada kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga, misalnya. Dan akali dengan perbanyak minum air putih bila ingin makan sesuatu yang manis.
3. Cari pengganti
Nah, itu dia 3 cara mudah untuk mengurangi konsumsi gula yang berlebihan. Cukup mudah, kan, Moms? Semoga bisa diterapkan, ya!