Bangun pagi menjadi aktivitas sederhana yang ternyata memiliki dampak besar bagi kesehatan fisik dan mental. Meski menjadi aktivitas sederhana, tak banyak orang yang sanggup bangun pagi karena hawa ngantuk yang masih menyelimuti, terlebih dengan nyamannya suasana kamar dan tempat tidur.

Namun, bangun pagi harus menjadi kebiasaan. Apalagi jika moms bangun 1 jam lebih awal dari biasanya, pekerjaan akan lebih dulu selesai, dan tidak tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu. Berikut di bawah ini ragam manfaat bangun pagi bagi kesehatan fisik dan mental:

Menyehatkan Jantung

Saat moms bangun pagi, tentu moms akan lebih rileks karena dapat menghirup udara segar di pagi hari. Aktivitas tersebut akan berdampak pada jantung agar lebih sehat dan mampu memaksimalkan fungsi kerja jantung. Bangun pagi juga mampu melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan oksigen dalam darah yang nantinya akan berdampak baik pada organ jantung. Sebaliknya, jika peredaran darah terhambat, akan berdampak buruk pula pada kesehatan jantung.

Menyehatkan Jantung
baca juga

Meningkatkan Konsentrasi

Suasana pagi hari yang masih tenang, membuatmu jauh lebih konsentrasi, dibandingkan kamu memilih untuk bangun siang. Dengan pikiran yang konsentrasi, pekerjaan akan terselesaikan dengan efisien, serta lebih fokus pada tujuan. Moms juga akan jauh lebih produktif. Terbukti dengan rahasia orang sukses yang memiliki kebiasaan bangun lebih pagi dari orang lain.

Meningkatkan Konsentrasi

Meningkatkan Energi Sepanjang Hari

Jika kamu bangun pagi, kesempatan untuk berolahraga lebih banyak, bukan? Hal tersebut membuktikan manfaat bangun pagi, ditambah dengan aktivitas berolahraga akan membuat tubuhmu berenergi sepanjang hari.

Meningkatkan Energi Sepanjang Hari
baca juga

Menyehatkan Kulit

Tanpa disadari, bangun pagi akan berdampak pada kesehatan kulit. Secara alami, kulit akan teroksigenasi, terhidrasi, dan aliran darah akan meningkat. Kesehatan kulit juga didukung oleh dampak bangun pagi yang memberimu kesempatan untuk melakukan perawatan dan peremajaan kulit.

Menyehatkan Kulit

Kondisi Mental yang Lebih Baik

Selain kesehatan tubuh, kesehatan mental juga sangatlah penting. Untuk membangun mental yang sehat, bangun pagi memiliki pengaruh yang besar. Mental akan lebih baik seperti lebih mudah puas, optimis, dan perasaan positif lainnya. Bangun siang atau jam tidur yang tidak teratur akan menimbulkan perasaan pesimis, gelisah, depresi, suasana hati memburuk dan mudah marah. Saat bangun pagi, pastikan kamu menghirup napas dalam-dalam sambil duduk rileks, ya, karena aliran oksigen ke otak akan meningkat.

Kondisi Mental yang Lebih Baik

Menenangkan Pikiran

Selain berdampak pada tubuh atau fisik, bangun pagi juga berdampak baik bagi kesehatan mental dan pikiran. Suasana tenang di pagi hari memberi kamu kesempatan selain berolahraga, bisa juga untuk bermeditasi. Saat meditasi, pikiran akan memberikan kekuatan, moms juga bisa merasakan kedamaian yang akan berefek pada pikiran yang tenang. Terlebih jika moms memiliki gangguan kecemasan, pastikan untuk tidak bangun tidur siang, ya.

Menenangkan Pikiran