Kisah yang viral ini diunggah oleh akun twitter @BelzebubVos. Anak laki-laki ini awalnya ditemukan di depan emperan toko dalam keadaan kehujanan. Saat itu dia tengah lelap tertidur. Saking lelapnya, anak ini sampai tidak merasa bahwa baju yang dia pakai sudah basah karena kehujanan.

"Anak ini tertidur nyenyak sehingga dia tidak sadar air hujan basahi tubuh nya... setelah di bangunkan oleh orang yang mengambilkan fotonya dia mengatakan bahwa dia kabur dari rumah karena sering di pukuli ayah dan ibunya." tulis skun @BelzebubVos.

Kabur dari Rumah Karena Disiksa Orang Tua, Anak Ini Tidur Kehujanan dan Kedinginan

Setelah dibangunkan oleh orang yang mengambil fotonya, bocah laki-laki ini mengaku kabur dari rumah karena sering kali dipukuli oleh ayah dan ibunya.

Kejadian tersebut terjadi di Kalimantan Barat, tepatnya di daerah Ngabang. Sang pemilik akun @BelzebubVos membagikan foto bocah tersebut pada Jumat (27/12/2019).

Tak tahan dengan siksaan orang tuanya setiap hari, bocah itu memutuskan untuk kabur. Namun sayangnya, ia tak memiliki tujuan setelah pergi dari rumahnya.

Bocah tersebut kemudian ditemukan oleh seseorang dalam keadaan tidur di halaman salah satu rumah warga. Orang-orang yang menemukannnya kemudian membawanya ke kantor polisi untuk mendapatkan perlindungan.

Kabur dari Rumah Karena Disiksa Orang Tua, Anak Ini Tidur Kehujanan dan Kedinginan
baca juga

Dalam unggahannya, @BelzebubVos juga menyebutkan bahwa bocah ini terlihat adalah anak yang baik. Terbukti, meski dia sudah tahu kalau tempat dia tidur itu kotor, namun dia tetap melepas sandalnya.

"Terlihat bahwa anak ini anak yang sangat baik dia sudah tau bahwa tempat itu kotor tapi dia masih melepaskan sandal nya. Tapi sekarang Alhamdulillah dan juga ikut senang karena dapat kabar bahwa dia sekarang sudah di tolong oleh seseorang saat dia waktu berada di kantor polisi." lanjut @BelzebubVos .

Namun kini anak tersebut sudah ditolong seseorang dan sedang berada di kantor polisi.

Kabur dari Rumah Karena Disiksa Orang Tua, Anak Ini Tidur Kehujanan dan Kedinginan

Unggahan ini pun mendapatkan banyak respon dari netizen. Banyak netizen yang mengaku sedih melihat keadaan bocah malang ini. Bahkan ada netizen yang menyarankan agar anak ini tidak dipertemukan lagi dengan orang tuanya. Karena dikhawatirkan, anak ini akan mendapatkan perlakuan yang sama.

"Tolong sampein ini kalo kamu kenal ke yg menolong: tolong jangan bawa balik atau dipulangin ke ortunya lagi. Sebisa mungkin cari saudara dari ortunya yg mau merawat. Atau kl memang ada yg mau adopsi, bagus, asal benar2 mampu. Dulu saya kaya begini jg jadi tau rasanya." komentar akun @whiskeyinthesky

Kabur dari Rumah Karena Disiksa Orang Tua, Anak Ini Tidur Kehujanan dan Kedinginan

Sungguh menyedihkan ya, Moms, nasib anak yang tidak diketahui namanya ini.

baca juga

Penyebab Orang Tua Tega Melakukan Kekerasan Pada Anak

Tindak kekerasan baik secara fisik maupun psikis bisa terjadi pada anak. Mungkin orang tua tersebut beranggapan bahwa itu merupakan bagian dari pembelajaran agar anak tumbuh menjadi sosok disiplin. Padahal kekerasan pada anak termasuk kekerasan dalam rumah tangga.

Seperti dilansir HealthDetik, menurut Vera Itabiliana, Psi, seorang psikologi anak, faktor utama yang melatarbelakangi seseorang melakukan kekerasan fisik terhadap orang terdekatnya adalah gangguan jiwa. Bisa saja mental orang tua atau orang terdekat yang melakukan kekerasan pada anak mengalami gangguan. Karena jiwanya terganggu, kerap kali kekerasan yang dilakukan orang tua kepada anak kandungnya dilakukan tanpa disadari.

Penyebab Orang Tua Tega Melakukan Kekerasan Pada Anak
"Selain itu, faktor ekonomi juga dapat melatarbelakanginya, di mana kekerasan timbul karena tekanan ekonomi. Tertekannya kondisi keluarga yang disebabkan himpitan ekonomi adalah faktor yang banyak terjadi yang menyebabkan kekerasan pada anak. Tapi tidak serta merta orang yang ekonominya rendah tega melakukan kekerasan fisik kepada anaknya, apalagi sampai menggunting alat kelamin, lidah, dan memukulinya sampai luka-luka," tutur Vera
source: https://health.detik.com/

Kemungkinan lain yang jadi penyebab orang tua tega melakukan kekerasan fisik pada anaknya adalah karena pernah menjadi korban kekerasan serupa di masa lalu. Ia tega melakukan kekerasan kepada anaknya karena ingin balas dendam.

"Apabila orang tua sudah terbukti melakukan kekerasan terhadap anaknya, maka orang tua itu tidak bisa merawat anak itu tersebut. Jika orang tua tersebut mengatakan tidak akan melakukan hal itu lagi, kita perlu memperhatikan apakah itu benar-benar kesungguhan dari dirinya atau ada faktor lain. Yang paling baik menurut saya adalah biarkan anak itu diurus oleh keluarganya, " ujar Vera.

Apabila orang tua bersungguh-sungguh tidak akan melakukan kekerasan terhadap anaknya, tidak mengalami gangguan jiwa dan mau merawat anaknya kembali, tetap harus dipertimbangkan kesiapan anak yang mengalami kekerasan itu. Apakah ia siap tinggal bersama orang yang pernah melukainya atau tidak. Apabila memang orang tua ataupun keluarga lainnya tidak ada yang merawatnya, maka anak tersebut akan dirawat olah pemerintah.