1. Mengobati Masalah Kulit

Buah kecapi mempunyai efek astringen yang berguna membantu mengatasi masalah kulit. Mengonsumsi kecapi secara rutin dapat membuat kulit menjadi kencang dan terlihat lebih muda. Tidak hanya itu, daun dari buah kecapi ini juga kerap digunakan sebagai obat alami untuk masalah kulit seperti gatal-gatal, jerawat, eksim, psoriasis, dan ruam kulit. Khasiat in disebabkan oleh kandungan alkaloid dan sapogenin steroid di dalamnya.

Bantu Lawan Diabetes, Ini 5 Manfaat Buah Kecapi
source: http://tenrandomfacts.com/

2. Menghilangkan Gangguan Perut

Sakit perut adalah hal yang sangat umum terjadi dan biasa dialami banyak orang. Namun, jika Mommy kerap terganggu dengan masalah ini, buah kecapi dapat memberikan manfaat karena mengandung komponen alami yang berperan sebagai pereda untuk sakit perut, diare, sindrom iritasi usus serta beragam masalah pada saluran pencernaan.

3. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kecapi juga mengandung antioksidan bernama quercetin. Kandungan flavonoid ini dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Bukan hanya itu, buah ini juga mengandung nutrisi penting lain seperti zat besi, kalsium, dan fosfor yang menciptakan lingkungan yang baik bagi bakteri probiotik untuk tumbuh dan berkembang biak. Itulah sebabnya, mengonsumsi buah ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjauhkan berbagai penyakit, seperti flu dingin dan demam akibat virus.

Bantu Lawan Diabetes, Ini 5 Manfaat Buah Kecapi
source: https://filipinotimes.net/

4. Bersifat Anti-Diabetes

Buah kecapi juga memiliki indeks glikemik rendah dan kaya serat larut. Itulah yang membuatnya efektif dalam mengendalikan kadar gula dalam jumlah yang tepat. Kandungan dalam buah ini juga dapat mengatur sekresi insulin sambil membantu dalam proses pencernaan dan membuang bahan-bahan yang tidak diinginkan dari tubuh, seperti racun dan radikal bebas.

baca juga

5. Membantu Mencegah Wasir

Wasir merupakan kondisi pembengkakan pembuluh darah pada bagian anus dan dubur. Kondisi ini kerap kali menyebabkan rasa tidak nyaman hingga nyeri dan sakit. Namun, tidak perlu khawatir jika Mommy memilikinya. Buah kecapi yang kaya akan vitamin C ternyata juga mampu membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah endotelin yang dapat meredakan wasir. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga membantu menjaga feses tetap lembut.