1. Menyehatkan Kulit

Jika Mommy puny masalah dengan kulit gatal, bersisik atau kondisi khusus seperti eksim, mengonsumsi biji-bijian gandum bisa menjadi bagian dari penyembuhan. Selain itu, oat juga berperan dalam mengurangi peradangan dan secara alami akan membuat kulit lebih halus dan bersinar. Pasalnya, oat kaya akan vitamin dan mineral, termasuk yang diketahui memiliki efek besar pada kulit. 

Jadi Menu Sarapan Sehat, Ini 7 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan dan Kecantikan
source: https://www.pinterest.com/

2. Asupan Protein

Jangan terlalu pusing dengan menu olahan daging, susu, telur, atau alpukat untuk memberikan asupan bahan bakarnya untuk energi. Pasalnya, oat juga memiliki jumlah protein yang mengejutkan. Setengah cangkir oat mengandung sekitar 15 persen dari dari jumlah protein harian yang direkomendasikan. Apalagi jika Mommy mengonsumsinya dengan beberapa butir kacang-kacangan. Ini akan menambah lebih banyak energi untuk aktivitas harimu. 

3. Sumber Antioksidan

Oat mengandung polifenol tingkat tinggi. Senyawa alami ini bersifat antioksidan yang kuat dan memiliki jenis polifenol tertentu yang dikenal sebagai avenanthramides. Polifenol ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah peradangan. Selain itu, kandungan asam ferulic mampu melawan efek penuaan yang melemahkan.

Jadi Menu Sarapan Sehat, Ini 7 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan dan Kecantikan
source: https://www.pinterest.com/

4. Sumber Energi

Belakangan ini diet "rendah karbohidrat" dan bahkan "tanpa karbohidrat" menjadi gaya hidup yang populer akhir-akhir ini. Sayangnya, kebanyakan orang cenderung mengabaikan perbedaan antara karbohidrat sederhana, yang ditemukan dalam tepung putih, gula rafinasi, soda, dan banyak makanan ringan, dengan karbohidrat kompleks, yang ada dalam biji-bijian. Karbohidrat kompleks memiliki struktur yang jauh lebih rumit dan membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk mencernanya. Dengan kata lain, asupan ini memberimu lebih banyak energi. 

baca juga

5. Mengatasi Penyakit Jantung

Oat juga berperan baik dalam menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, oat mengandung lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, yang dianggap bermanfaat oleh para ahli gizi dalam menjaga jantung tetap dalam kondisi baik.

Jadi Menu Sarapan Sehat, Ini 7 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan dan Kecantikan
source: https://www.pinterest.com/

6. Melancarkan Pencernaan

Oat adalah asupan yang kaya akan serat. Itulah sebabnya, asupan ini memainkan peran utama dalam mencerna makanan dengan baik dan teratur. Dalam setengah cangkir oatmeal di pagi hari, Mommy sudah mendapatkan 8 gram serat yang merupakan seperempat hingga sepertiga dari kebutuhan serta harian. Untuk menambahkan khasiat ini, Mommy juga bisa melengkapi dengan potongan buah kaya serat.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Terakhir, mengonsumsi oat secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Oat mengandung beta-glukan, yang berguna melapisi bagian dalam perut ketika dicampur dengan cairan seperti air atau susu. Beta-glucan ini secara signifikan mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) apabila dikonsumsi teratur.