1. Konsultasikan pada dokter

1. Konsultasikan pada dokter

Saat memutuskan ingin menggunakan softlens atau kontak mata, nggak bisa sembarangan asal pakai lho. Kamu harus mengonsultasikan keluhanmu kepada dokter. Hal ini untuk menghindari mata yang malah tambah rusak. Jadi, dokter akan memberimu softlens yang sesuai dengan kebutuhanmu tanpa merusak apa pun yang masih terlihat normal. 

2. Hindari membeli softlens secara online

2. Hindari membeli softlens secara online

Jika kamu membeli softlens secara online, kamu tidak mengetahui bagaimana kondisi softlens tersebut. Selain itu, softlens yang dibeli secara online juga tidak berdasarkan resep dan pengawasan dokter. Jadi, cukup berbahaya untuk kondisi matamu.

baca juga

3. Gunakan Cairan softlens

3. Gunakan Cairan softlens

Keberadaan softlens memang nggak bisa dipisahkan dengan cairan khusus. Cairan khusus ini merupakan alkohol yang tidak bisa menetralisir softlens tersebut. Nah, cairan khusus ini harus diperhatikan saat menggunakan softlens. Pastikan cairan tersebut selalu tersedia pada wadah penyimpanan lensa kontak. Cairan khusus itu juga harus diganti setiap pengambilan dan pengembalian lensa kontak dari wadah. Hal ini karena sudah terkontaminasi dengan jari-jari tanganmu.

4. Pastikan tanganmu selalu bersih

4. Pastikan tanganmu selalu bersih

Pasti kamu tahu jika tanganmu adalah tempat yang paling banyak memiliki kuman. Ada lebih dari ribuan kuman yang berkumpul di tanganmu. Nah, agar kuman itu nggak berpindah ke bagian mayta, kamu perlu membersihkan tanganmu. Caranya pun mudah kok, cukup bersihkan dengan air mengalir atau menggunakan antiseptik.

baca juga

5. Ada jangka waktu pemakaiannya

5. Ada jangka waktu pemakaiannya

Jangka waktu penggunaan softlens tergantung pada kondisi mata setiap pengguna. Berbagai orang memiliki kondisi mata yang berbeda, bisa normal maupun sensitif sehingga jangka waktu penggunaan dalam harian setiap orang akan berbeda.

Namun, biasanya kontak lensa dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan jangka waktu penggunaannya. Misalnya, harian, mingguan, atau bulanan. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Ada yang perlu kamu tahu, jika penggunaan softlens ini hanya digunakan pada aktivitas tertentu dan jangan digunakan dalam keadaan tertidur ya. Karena dikhawatirkan akan banyak bakteri yang masuk ke bagian mata sehingga menyebabkan iritasi.

Nah, itulah lima cara merawat softlens agar tidak merusak mata. Memperhatikan kesehatan mata itu sangat penting lho.