1. Sayuran dan buah berawarna merah mengandung antioksidan

1. Sayuran dan buah berawarna merah mengandung antioksidan

Kolagen dapat membuat wajah nampak lebih muda dan cerah. Salah satu cara yang bisa Moms lakukan untuk mendapatkan wajah glowing dan cerah yaitu dengan mengonsumsi makanan yang merangsang produktivitas kolagen.

Zat antioksidan yang berguna untuk memperkaya produksi kolagen dapat kita peroleh dari buah dan sayur berwarna merah. Zat lain yang tak kalah penting yaitu antosianin yang berfungsi memberikan warna merah pada buah dan sayur serta merangsang pertumbuhan rambut dan melindungi kulit. 

Yuk coba makan buah dan sayuran seperti apel, stroberi, tomat, paprika merah, kubis merah atau cabai merah untuk menyehatkan tubuh.

2. Konsumsi jeruk untuk memperkaya vitamin C

2. Konsumsi jeruk untuk memperkaya vitamin C

Kolagen berpengaruh penting agar kulit selalu tampak awet muda. Kolagen dapat dihasilkan dari proses pengubahan asam amino lisin dan prolin yang dirangsang oleh buah seperti jeruk dan sejenisnya termasuk lemon.

Peningkatan produksi kolagen dirangsang oleh vitamin c dengan mensistesis asam hialuronat yang berguna untuk menangkal kanker serta merusak kolagen yang disebabkan oleh radikal bebas. Sedahsyat itu ya Moms manfaat lemon?

baca juga

3. Kacang-kacangan penghasil kolagen terbaik

3. Kacang-kacangan penghasil kolagen terbaik

Kolagen juga bisa mudah rusak apabila Moms sering mengonsumsi bahan makanan yang mengandung gula. Untuk itu, bahan makanan kacang-kacangan seperti kacang kedelai merupakan sumber terbaik kolagen karena kaya akan protein nih Moms. Salah satu hormon yang berfungsi menghambat penuaan dini yakni hormon genistein juga terdapat pada kacang kedelai. 

4. Ikan, salah satu makanan yang tinggi kolagen

4. Ikan, salah satu makanan yang tinggi kolagen

Asupan kolagen sangat penting bagi tubuh. Selain dari buah-buahan dan sayur-sayuran,  kolagen juga dapat kita peroleh dari bahan makanan lain misalnya ikan. Jenis ikan yang paling banyak mengandung omega 3 adalah tuna dan salmon. Omega 3 dan protein dapat mencegah kerusakan kolagen sehingga kelenturan kulit tetap terjaga.

baca juga

5. Penuaan dini dan inflamasi dapat dicegah dengan konsumsi kaldu tulang

5. Penuaan dini dan inflamasi dapat dicegah dengan konsumsi kaldu tulang

Kulit kusam tak bercahaya merupakan efek dari kurangnya waktu tidur yang berakibat pada penuaan dini. Kolagen di dalam tubuh dapat rusak akibat dampak dari rusaknya kekebalan tubuh yang disebabkan kurangnya waktu tidur.

Mengonsumsi kaldu tulang dapat menjadi langkah yang tepat untuk mengganti kolagen pada kulit kita. Penuaan dini dapat diminimalisir apabila kita mengonsumsi bahan makanan yang mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen dan asam amino dimana zat-zat tersebut terkandung dalam kaldu tulang 

Sekian tips memperkaya kolagen pada tubuh dengan konsumsi bahan makanan sehat, semoga bermanfaat ya Moms!