Memilih Daun Jeruk Segar

Saat membeli, pastikan moms memilih daun jeruk yang masih segar atau baru dipetik. Karena daun jeruk yang sudah layu akan lebih cepat kering jika disimpan di rumah. Selain itu juga aroma dan rasa yang dikeluarkan tidak begitu terasa lagi.

Biar Segarnya Awet, Ini 5 Tips Menyimpan Daun Jeruk yang Belum Terpakai
Simpan di Dalam Wadah Kedap Udara Lalu Masukkan Dalam Kulkas 

Setiap dikeluarkan, buang bagian yang busuk agar tidak menular ke daun jeruk lainnya yang masih segar. Kemudian, angin-anginkan sisanya agar embunnya kering sebelum disimpan kembali, sehingga daun jeruk tersebut tidak  cepat membusuk.

Letakkan di Dalam Plastik Bersih Kemudian Masukkan Dalam Kulkas

Ketika membeli daun jeruk biasanya dalam jumlah yang banyak, tidak bisa hanya beberapa lembar sesuai kebutuhan. Sedangkan yang diperlukan untuk memasak hari itu hanya 3-5 lembar saja, dan tidak setiap hari juga memasak memerlukan daun jeruk ya moms. Daripada terbuang begitu saja, sebaiknya sisa daun jeruk yang belum terpakai disimpan disimpan dengan tepat sehingga bisa digunakan dikemudian hari.
 
Cara pertama menyimpan daun jeruk agar lebih tahan lama adalah dengan membungkusnya dalam plastik bersih, tutup dengan rapat, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Maka dengan begitu daun jeruk bisa tetap segar dalam beberapa hari hingga 1 minggu.
 
Bungkus Menggunakan Kertas

Selain menggunakan kantong plasik, para ibu di rumah biasanya menyimpan bumbu rempaah-rempah dan daun-daunan menggunakan kertas. Hal itu juga bisa diterapkan pada daun jeruk moms, bungkus rapat daun jeruk dengan kertas, lalu masukkan dalam kulkas.

Biar Segarnya Awet, Ini 5 Tips Menyimpan Daun Jeruk yang Belum Terpakai
Potong Halus Daun Jeruk yang Hendak Disimpan

Untuk mendapatkan daun jeruk yang lebih tahan lama, moms bisa memotongnya halus sebelum disimpan dalam lemari es. Setelah dipotong-potong halus, masukkan dalam wadah atau botol kaca, tambahkan sedikit minyak goreng, lalu aduk rata. Ketika hendak mengambilnya, gunakan sendok khusus ya moms.
 
Jika di rumah masih memiliki lahan kosong, akan lebih mudah jika menanam pohon jeruk sendiri. sehingga moms bisa memetik daun jeruk segar sesuai kebutuhan.
 
Itulah beberapa tips yang bisa moms terapkan untuk menyimpan daun jeruk di rumah agar lebih tahan lama. Meskipun daun jeruk yang disimpan dalam kulkas sudah mulai kering, namun aroma dan rasanya masih tetap sedap.