Moms, keju yang gurih dan mulur kemudian berpadu sempurna dengan aneka hidangan BBQ, seperti udang, daging sapi, hingga sate ayam semuanya enak jika disantap dengan keju hangat yang meleleh.

Meski terlihat gampang, tapi ternyata masih banyak orang yang gagal melelehkan keju. Berbagai kesalahan kecil seperti pemilihan jenis keju, hingga potongan keju, bisa berpengaruh pada tingkat kelelehan keju saat dihangatkan.

Ini Rahasianya! Cara Bikin Keju Meleleh Mulur Sempurna Di Makanan

Dilansir dari FoodDetik, berikut ini Moms cara melelehkan keju yang cepat untuk pelengkap di pesta BBQ nanti malam. Catat ya, Moms.

Pemilihan Keju

Moms, pemilihan jenis keju, menjadi penentu utama dalam keberhasilan melelehkan keju. Agar keju cepat meleleh, pemilihan keju yang digunakan tak bisa asal. Salah satu keju yang paling terkenal untuk dilelehkan ada mozzarella.

Mozzarella merupakan keju Italia yang dibuat dari susu sapi atau kerbau, teksturnya mudah meleleh, membentuk tekstur kenyal dan mulur saat dipanaskan. Sehingga keju ini paling umum digunakan sebagai topping makanan panas. Cocok juga untuk pelengkap BBQ.

Pemilihan Keju
source: https://food.detik.com/

Selain mozzarella, ada juga keju cheddar yang cocok untuk dilelehkan. Pilih keju cheddar dengan label mild, sharp, atau extra sharp. Label keju ini menandakan seberapa lama proses pematangan keju. Melelehkan keju cheddar mild atau sharp, menghasilkan tekstur keju leleh yang lebih halus dan mulur, dibandingkan melelehkan keju cheddar dengan label extra sharp.

baca juga

Potongan Keju

Moms, ada cara yang mudah untuk membuat keju lebih cepat meleleh saat dipanaskan. Potongan keju di sini, bisa memperlambat atau mempercepat proses pelelehan. Agar waktu yang diambil tak terlalu lama, sebaiknya lelehkan keju dalam potongan kecil.

Atau bisa juga memarut keju, dengan parutan keju yang ada di rumah. Parut habis keju di dalam wadah atau panci anti lengket, hingga semua bagian kotak keju habis.

Potongan Keju
source: https://food.detik.com/

Kemudian ratakan parutan keju di permukaan panci, hingga menutupi semua bagian panci. Hal ini dilakukan agar semua lapisan keju terpapar suhu panas, dan lebih cepat meleleh.

Wadah Anti Lengket

Setelah keju diparut, sebaiknya jangan langsung meletakkan parutan keju ini di atas panggangan BBQ bersama hidangan daging atau seafood yang tengah dibakar. Sulit untuk mengontrol suhu api di sana, yang bisa mempengaruhi tekstur lelehan keju.

Cara yang paling disarankan, adalah dengan menggunakan wajan hingga panci antilengket. Atau bisa juga gunakan spray anti lengket, yang biasa digunakan untuk membuat kue.

Wadah Anti Lengket
source: https://food.detik.com/

Gunanya spray anti lengket, dan panci anti lengket ini, tentunya untuk memudahkan Anda mengangkat atau memindahkan keju leleh ke wadah lain. Juga untuk mengindari keju agar tidak gosong, karena lengket di satu sisi.

baca juga

Gunakan Api Kecil

Untuk melelehkan keju, sebaiknya gunakan api yang kecil. Banyak orang yang menggunakan api besar ketika tengah melelehkan keju, padahal dengan api besar justru risiko keju akan gosong, menjadi tinggi dan membuat rasanya tidak enak.

Cukup gunakan api yang paling kecil di atas kompor. Menurut para ahli, jika sedang melelehkan keju, atur lah suhu atau api kompor sekecil mungkin. Karena dengan api besar, keju bisa kehilangan lemak, dan kelembapannya.

Gunakan Api Kecil
source: https://food.detik.com/

Jika kandungan lemak dan kelembapan dalam keju menghilang, hasil lelehan keju nanti bisa menjadi berminyak, sedikit keras, kental, bahkan memiliki rasa gosong ketika dimakan.

Aduk Perlahan

Usai memarut hingga meletakkan keju di dalam panci anti lengket. Tahap selanjutnya adalah mengatur api kompor, dan mengaduk keju secara perlahan-lahan. Melelehkan keju, bukan jenis masakan yang bisa ditinggal begitu saja.

Mirip seperti membuat rendang, Anda tak boleh meninggalkan dapur saat tengah melelehkan keju. Anda diwajibkan untuk mengaduk lelehan keju itu secara perlahan, karena jika tidak bagian bawah keju akan mulai berkerak dan gosong.

Aduk Perlahan
source: https://food.detik.com/

Aduk lah keju secara berkala dan perlahan. Cara ini digunakan untuk memastikan bahwa seluruh bagian parutan keju meleleh dengan sempurna, dan juga menghindari keju menempel di pinggiran wajan hingga panci.

Mudah kan, Moms. Tapi memang Moms harus telaten.