Konsumsi Buah Ceri

Sebuah penelitian pada tahun 2012 berjudul Cherry Consumption and Decreased Risk of Recurrent Gout Attacks menemukan, konsumsi buah ceri dapat menurunkan kadar asam urat dan mengurangi inflamasi. Mereka yang menyantap buah ceri atau ekstrak ceri selama dua hari berturut-turut mengalami gejala asam urat yang lebih sedikit.

Konsumsi Buah Ceri
source: https://food.detik.com/

Buah ini juga akan mencegah terkristalnya asam urat dan menumpuk di persendian. Selain itu, ceri juga bisa menetralisir asam dan membantu mencegah timbulnya rasa sakit.

Minum Air Putih

Air putih tak hanya berfungsi untuk menghidrasi tubuh, namun juga bisa meredakan gejala asam urat. Studi pada tahun 2009 mengungkapkan, tiap gelas yang dikonsumsi selama 24 jam sebelum gejala asam urat muncul, risiko kambuhnya akan menurun.

Minum Air Putih
source: https://health.detik.com/

Air juga bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk kadar asam urat yang berlebih.

baca juga

Minum Kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi akan mengurangi risiko asam urat pada laki-laki dan perempuan. Mereka yang mengonsumsi kopi empat hingga lima cangkir per hari punya risiko asam urat lebih rendah 40 persen.

Minum Kopi
source: https://health.detik.com/

Semakin banyak jumlah kopi yang dikonsumsi, semakin rendah pula kadar asam urat mereka. Meski begitu, tetap batasi jumlah kopi yang Moms sesap agar tak membuat Moms caffeinated, ya!

Susu Rendah Lemak

Segelas kopi rasanya kurang oke kalau enggak pakai susu. Nah, para penderita asam urat justru disarankan untuk menambah susu rendah lemak pada pola makan kita. Penelitian di tahun 2009 yang dipublikasikan dalamJournal of Human Nutrition and Dietetics menemukan, orang yang mengonsumsi susu rendah lemak memiliki kadar asam urat yang lebih rendah.

Susu Rendah Lemak
source: https://health.detik.com/

Hal ini disebabkan karena protein susu yang tinggi dan kandungan purinnya yang rendah, sehingga bisa membantu menurunkan kadar asam urat.

baca juga

Konsumsi Buah Delima

Buah yang punya rasa khas serta agak sulit dicari ini berfungsi mengurangi plak dalam arteri yang menyebabkan asam urat. Tidak heran, buah delima dianggap sebagai salah satu obat asam urat alami yang bisa diandalkan.

Bagi Mommies yang sudah terlanjur kena asam urat, cobalah untuk makan buah delima untuk camilan. Setidaknya, ini bisa jadi alternatif camilan sehat Mommies, nih!

Konsumsi Buah Delima
source: https://food.detik.com/

Konsumsi Apel

Apel punya sifat menetralkan tingginya kadar asam urat dalam darah. Bila Moms sudah pernah terkena asam urat sekali, ada baiknya Mommies rutin mengkonsumsi apel supaya mengurangi potensi terkena lagi.

Oh, iya, apel juga sangat mengenyangkan, sehingga bagus sebagai menu diet sehat Mommies.

Konsumsi Apel
source: https://health.detik.com/

Cara Meredakan Asam Urat yang Tengah Menyerang

Nah Mom, daftar makanan yang disebutkan tadi cukup enak kan saat dikonsumsi. Enak dan dapat menurunkan asam urat. Namun Moms, jika tiba-tiba asam urat menyerang, seperti dilansir HealthDetikMoms bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Beristirahat
Percaya atau tidak, tempat terbaik ketika mengalami rasa sakit akibat asam urat adalah tempat tidur Mommies, seperti yang dijelaskan oleh James C.C. Leisen, MD, kepala rheumatologi di Henry Ford Hospital asal Detroit.

Gunakan Es Batu
Meletakkan es di sendi yang terasa sakit akan mengurangi peradangannya.

Cara Meredakan Asam Urat yang Tengah Menyerang
source: https://health.detik.com/

Lepaskan Pakaian
Pakaian bisa membuat tekanan pada sendi yang sedang sakit menjadi semakin sakit karena asam urat. Jika Moms merasakan sakit pada bagian lutut, untuk sementara lepaskan celana Mommies dan berbaringlah pada tempat tidur.

Batasi Konsumsi Daging dan alkohol
Asam urat bisa diperparah dengan diet tinggi purin dan alkohol, jadi batasi asupan daging Moms dan hindari alkohol sepenuhnya selama serangan asam urat.

Minum Air Putih
Perbanyak minum akan membantu meredakan rasa sakit karena asam urat.

Jangan Asal Minum Obat
Sebaiknya jangan asal konsumsi obat pereda nyeri. Konsultasikan pada dokter Mommies obat yang sebaiknya Moms gunakan untuk meredakan rasa sakit yang Moms alami.

Nah Moms, cukup mudah kan sebenarnya meredakan asam urat. Asalkan Moms bersabar, ya.