Melansir dari Healthline, mesin cuci seharusnya menjadi tempat yang bersih karena di sanalah pakaian dicuci dan dibersihkan setelah digunakan. Namun, fakta menunjukkan hal sebaliknya di mana mesin cuci merupakan tempat yang berisiko tinggi. Temuan ini diketahui setelah munculnya patogen yang resistan terhadap beberapa obat ditemukan pada pakaian bayi di unit perawatan intensif neonatal di rumah sakit anak-anak Jerman. Pada akhirnya para peneliti menemukan bahwa sumber bakteri ini terpusat di ruang cuci rumah sakit.

Mesin Cuci Ternyata Bisa Jadi Sarang Bakteri! Apa yang Harus Dilakukan?
source: https://www.earth.com/

Di sana para peneliti menemukan mesin cuci konsumen berbeda dengan mesin cuci industri yang menyediakan fitur suhu tinggi yang biasanya digunakan di rumah sakit. Itulah sebabnya beberapa bakteri masih tumbuh dan berkembang dengan baik di sana. Untungnya bayi-bayi itu hanya terpapar patogen oxytoca yang resistan terhadap obat tetapi tidak benar-benar terinfeksi.

Lalu, Apa yang Sebenarnya Ada Dalam Mesin Cuci?

Meskipun begitu, temuan ini tentu juga menimbulkan pertanyaan atas higienitas dari mesin cuci itu sendiri. Apabila masalahnya adalah mesin cuci kelas konsumen, apakah kita sebagai konsumen perlu khawatir tentang bakteri berbahaya yang menempel di mesin mereka di rumah?

Mesin Cuci Ternyata Bisa Jadi Sarang Bakteri! Apa yang Harus Dilakukan?
source: https://www.fullmoongiftbaskets.com/

Jawabannya ternyata beragam. Sebagian ahli mengatakan bahwa bakteri patogen yang ditemukan dalam kasus tersebut muncul karena itu adalah mesin cuci rumah sakit. Tidak semua rumah tangga memiliki bakteri seperti itu. Namun, di sisi lain terdapat fokus lain di mana upaya penghematan energi ternyata membuat mesin cuci pakaian bekerja pada suhu yang lebih rendah, yaitu kurang dari 60° C. Itu berarti lebih banyak bakteri yang selamat dari proses pencucian.

baca juga

Tidak hanya itu, bahkan para peneliti menemukan bahwa bakteri-bakteri ini kerap tumbuh di segel karet mesin cuci, yang kemudian menyebar selama siklus pembilasan yang tidak melalui proses pemanasan.

Mesin Cuci Ternyata Bisa Jadi Sarang Bakteri! Apa yang Harus Dilakukan?
source: https://www.wikihow.com/

Untuk mengatasinya, Mommy dapat mencoba mencuci mesin cuci. Cara ini akan sangat membantu mengatasi perkembangan bakteri di karet dan beberapa bagian mesin cuci lainnya. Selain itu, antisipasi pakaian yang sangat kotor dan mengandung banyak bakteri seperti pakaian yang terkena lumpur atau cipratan darah. Pisahkan pakaian-pakaian itu dan cuci mereka dengan menggunakan desinfektan agar bakteri benar-benar mati.