Belakangan ini beragam produk minuman kolagen di pasaran menggunakan kolagen atau peptida kolagen yang terhidrolisis. Produk ini diklaim jika dicerna setiap hari dapat bermanfaat bagi kulit dengan perawatan dari dalam. Pasalnya, menurut penelitian, kolagen bertanggung jawab atas struktur dan elastisitas kulit. Sayangnya, setelah usia 25 tahun, kita cenderung kehilangan sekitar 1,5% kolagen setiap tahun. Itulah sebabnya garis-garis halus dan kulit kendur akan terjadi pada usia ini.

Benarkah Minuman Berkolagen Bikin Kulit Awet Muda?
source: https://www.dewtybeauty.com/

Cara Kerja Minuman Kolagen

Dosis harian kolagen untuk menghilangkan garis dan kendur kedengarannya sangat sederhana untuk memberikan manfaat nyata. Namun, apakah ini benar-benar terbukti secara ilmiah? Seorang Konsultan Dermatologis di London, Dr. Justine Kluk, mengatakan:

"Peptida kolagen dalam minuman ini dapat dicerna menjadi molekul yang lebih kecil dan kemudian diserap dalam usus kita, dan telah terbukti muncul satu jam setelah konsumsi dalam aliran darah. Selanjutnya, investigasi menggunakan pelabelan radioaktif menunjukkan bahwa peptida yang diserap ini dapat mencapai kulit dan dapat disimpan dalam jaringan hingga 2 minggu."

Apakah Minuman Kolagen Benar-Benar Berkhasiat?

Dr. Kluk juga mengatakan bahwa banyak penelitian berbasis laboratorium menunjukkan potensi peptida kolagen dalam minuman atau suplemen ini dapat berperan dalam meningkatkan hidrasi kulit. Akibatnya, ini dapat mengurangi keriput dengan memperkuat jaringan kolagen pada kulit.

Benarkah Minuman Berkolagen Bikin Kulit Awet Muda?
source: https://shavitech.com/

Akan tetapi, masih belum bisa dipastikan apakah produk-produk ini benar-benar berfungsi untuk populasi umum. Dengan kata lain, masih perlu dilakukan penelitian untuk menentukan dosis dan durasi terbaik dalam mengonsumsinya. 

baca juga

Jadi, bagaimana Moms? Pada dasarnya, tidak ada salahnya jika Mommy memang ingin mencoba mengonsumsi minuman kolagen ini. Akan tetapi, ada beberapa cara lain yang juga bisa dicoba untuk mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda, seperti dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinoid atau vitamin C. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap dan SPF setiap hari.