Menggunakan Ayunan Bayi


Siapa yang tidak memungkiri bahwa ayunan bayi adalah benda penolong untuk mengatasi anak rewel atau sulit tidur. Bahkan, tidak jarang anak menjadi ketergantungan dan tidak bisa tidur jika tidak berada di dalam ayunannya. 

 

source: http://www.chuzailiving.com/baby-swing-bouncer/


 

Keuntungan Penggunaan Ayunan Bayi


Ayunan bayi tentu sangat penting dalam membantu ibu saat sedang kerepotan mengurus banyak keperluan rumah tangga. Dengan menaruh bayi dalam ayunan, bayi dapat tertidur dengan nyenyak tanpa harus digendong. Tidak hanya itu, ayunan bayi juga dapat menjadi tempat bermain anak, apalagi jika ayunan yang kamu miliki dapat ditambah dengan aksesoris mainan anak. Apalagi dengan hadirnya teknologi bouncer yang juga dapat memutarkan musik-musik klasik untuk melatih pendengaran, respon, serta meningkatkan kecerdasan anak.

 


 

baca juga

Bahaya Penggunaan Ayunan Bayi


Meskipun memiliki banyak keuntungan, kamu juga harus mewaspadai bahaya dari menggunakan ayunan bayi. Nah, berikut ini adalah bahaya yang perlu kamu hindari dengan penggunaan ayunan bayi.

  1. Ayunan yang terlalu keras dapat menimbulkan bahaya berupa terjadinya shaken syndrome baby (sindrom bayi terguncang). Sindrom ini ditandai dengan gejala muntah-muntah dan kejang-kejang pada bayi, Meskipun terlihat tidak terjadi apapun ternyata setelah diperiksa, ada sebuah luka robekan pada pembuluh darah otak hingga menyebabkan pendarahan. 
  2. Tidak hanya pendarahan pada otak, guncangan berlebihan pada bayi dapat menimpulkan pendarahan pada retina mata hingga menyebabkan kebutaan.
  3. Selain itu guncangan ayunan yang kuat juga dapat berakibat membuat tulang-tulang anggota gerak patah. 
Itulah sebabnya kamu perlu untuk lebih waspada saat menggunakan ayunan bayi. Pastikan ayunan yang kamu gunakan aman, tidak terlalu kencang dan tidak membahayakan bayi. Tubuh bayi yang masih rapuh akan sangat mudah dipengaruhi oleh guncangan.

 
source: https://www.livestrong.com


Nah, setelah mengetahui plus dan minus penggunaan ayunan bayi, kamu pastinya akan menjadi lebih waspada saat akan meninggalkan bayi dalam ayunan. Semoga bermanfaat, ya!