Gejala Cacar Air Pada Anak


Jika kamu sudah mulai mengetahui ada beberapa teman dari anakmu yang terkena cacar air, kamu seharusnya sudah mulai mewaspadai gejala cacar air yang mungkin juga muncul pada anakmu. Nah, berikut ini adalah tanda-tanda anak tertular cacar air yang perlu kamu waspadai :

  1. Penyakit kulit ini biasanya ini diindikasi dengan demam dan meriang pada tubuh anak.
  2. Dilanjutkan dengan kemunculan bercak ruam berwarna merah pada kulit.
  3. Kemudian, bercak ruam tersebut perlahan akan berubah menjadi bintil kulit yang melenting berwarna merah berisi cairan.
  4. Bintil yang tumbuh akan menimbulkan rasa gatal pada anak.
  5. Setelah itu, bintil merah akan pecah dan perlahan mengering dan menjadi koreng hingga akhirnya terkelupas. Proses ini memakan waktu selama 1 hingga 2 minggu.
source: http://doktersehat.com/wp-content/uploads/2017/01/doktersehat-anak-bayi-cacar-air-ruam.jpg


 

Cara Pengobatan Cacar Air


Pada dasarnya, cacar air tidak memerlukan pengobatan khusus untuk penyembuhannya. Sebaliknya, pengobatan dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada anak dengan kemunculan gejala. Misalnya dengan pemberian parasetamol untuk menurunkan demam dan meriang. Selanjutnya, adalah pemakaian lotion atau bedak kalamin yang berguna untuk mengurangi rasa gatal dan panas pada kulit.

 

source: http://www.hanahanif.com/


 

baca juga

Risiko Komplikasi Cacar Air

 

Meskipun kebanyakan penderita cacar air akan sembuh dengan sendirinya, sebagian anak memerlukan penanganan medis apabila cacar air yang diderita mengalami komplikasi. Berikut ini adalah gejala cacar air yang mengalami komplikasi : 

  1. Munculnya iritasi hingga infeksi yang terjadi pada bintil-bintil di kulit, 
  2. Anak mengalami muntah, rasa kaku pada leher, kejang, sehingga menjadi sulit berjalan dan berbicara. 
Jika hal itu terjadi, kamu harus segera membawa anakmu ke dokter. Cacar air yang semakin serius perlu untuk mendapatkan penanganan dokter.

 
source: http://kafanews.com/