Rambutan adalah salah satu buah yang khas dari wilayah Asia Tenggara. Buah ini sangat populer di Indonesia dengan rasa yang manis dan jenis yang banyak. Pada umumnya, buah rambutan memiliki warna merah terang, tetapi ada pula buah yang berwarna kuning dan hijau. Tekstur dan daging buah rambutan juga beragam. Ada yang lebih kering dan ada pula yang lebih juicy dengan banyak kandungan air. Melansir dari DetikFood, berikut ini adalah beberapa fakta seputar buah rambutan yang belum banyak diketahui:

1. Buah khas Asia Tenggara

Rambutan adalah buah tropis yang banyak ditemukan di beberapa wilayah di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Selain Indonesia, buah rambutan juga banyak ditemukan di Thailand dan Malaysia. Nama rambutan berasal dari kulit buah ini yang dikelilingi oleh rambut-rambut.

5 Fakta Menarik Rambutan, Buah Berbulu yang Rasanya Manis Segar!
source: https://jualbibittanamanbuahsolutions.wordpress.com/

2. Rambutan Rapiah

Salah satu jenis rambutan yang paling populer di Indonesia adalah rambutan rapiah. Rambutan ini biasanya memiliki kulit berwarna hijau dengan rambut yang lebih pendek dan jarang. Dibandingkan jenis rambutan lain, rambutan rapiah cenderung lebih kasar. Namun, rambutan ini banyak disukai karena rasanya yang manis dan dagingnya yang kering. 

3. Rambutan Binjai

Selain rapiah, rambutan lain yang juga banyak disukai adalah rambutan binjai. Nama binjai sendiri diambil dari nama kota yang menghasilkan rambutan di Indonesia. Kota ini berada di provinsi Sumatera Utara dan populer dengan sebutan Kota Rambutan. Rambutan binjai memiliki kulit yang berawarna merah terang dan memiliki daging yang manis, tebal dan mudah dipisahkan dari bijinya.

5 Fakta Menarik Rambutan, Buah Berbulu yang Rasanya Manis Segar!
source: https://www.conserve-energy-future.com/

4. Khasiat Buah Rambutan

Selain enak, buah yang juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, buah ini mengandung banyak nutrisi penting seperti serat yang tinggi, vitamin C, zat besi, dan fosfor. Tidak hanya itu, buah ini juga rendah kalori. Bahkan, dalam 100 gram buah rambutan hanya ada 69 kalori. Mengonsumsi buah rambutan baik untuk kesehatan jantung, mengatasi penyakit batu ginjal, menurunkan berat badan, mengobati diabetes, serta menguatkan tulang. Buah ini juga baik untuk kulit dan rambut.

baca juga

5. Variasi Olahan Rambutan

Terakhir, buah rambutan juga dapat dimakan menjadi beberapa jenis sajian. Rasah manis dan asam dari buah rambutan membuatnya fleksibel untuk diolah dengan beragam cara. Selain dimakan langsung, rambutan juga bisa menjadi olahan pencuci mulut dan camilan buah yang segar, misalnya es buah atau puding. Selain itu, banyak pula orang yang menyajikan rambutan sebagai asinan yang pedas dan segar. Yum!