Hari pertama sekolah merupakan momen yang sangat penting dan menegangkan bagi para orangtua dan murid baru. Bahkan, bagi sebagian orangtua, ini menjadi saat-saat besar di mana mereka akan melepas anaknya pertama kali untuk bisa dengan mandiri menjalani kehidupan di luar kehidupannya di rumah bersama keluarga. Di sisi lain, bagi sebagian murid, hari pertama sekolah juga menjadi titik poin di mana kehidupan mereka benar-benar dimulai.

Namun, kisah yang berbeda datang dari seorang gadis di Malaysia yang hadir dengan orangtua yang keduanya adalah tunanetra. Seorang guru bernama Nadwa Nasir menceritakan bagaimana murid kelas 1 itu mengajak ibu dan ayahnya yang buta berkeliling sekolah pada hari orientasi dan menggambarkan setiap bagian sekolah kepada mereka.

Melansir dari WorldofBuzz, sang guru menggambarkan bagaimana ia melihat bagaimana gadis itu berbeda dengan 30 anak kelas 1 lainnya. Ia tampak sangat mandiri dan mengagumkan. Apalagi mengingat usianya yang masih sangat kecil. Bahkan, ia mengaku menangis saat melihat bagaimana anak itu menuntun orangtuanya yang tidak bisa melihat di hari pertama sekolahnya.

Mengharukan! Seorang Anak Ajak Orangtuanya yang Tunanetra Berkeliling Sekolah
source: https://www.worldofbuzz.com/

Ia juga menuliskan sendiri nomor kontak untuk ibu dan ayahnya. Meskipun ia baru belajar menulis dan angkanya terbalik, anak itu tampak sangat mandiri dan kuat. Ia juga tidak tampak takut dengan lingkungan baru yang ditemukannya di sekolah.

baca juga

Setelah orientasi selesai, gadis kecil itu mengajak orang tuanya berkeliling, menjelaskan kepada mereka saat mereka telah berada di kantin dan semua sudut sekolah dideskripsikan dengan baik. Nadwa benar-benar merasa tersentuh oleh gadis kecil itu. 

Kisah ini tentu sangat menginspirasi banyak orang. Tidak hanya bagaimana seorang anak di usia belianya dapat menjadi mandiri dan kuat, ia juga memberikan contoh bagaimana cinta dan kasih sayang dengan orangtua dapat diberikan dengan tulus dan ikhlas apa pun kondisi orangtua.