1. Periksa Keamanan

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah rumah mengalami kebanjiran adalah memastikan bahwa rumah masih dalam kondisi yang aman. Tentu Mommy tahu bahwa banjir, tergantung pada keparahannya, akan memberikan pengaruh pada kondisi rumah. Waspadai barang-barang yang hanyut dan antisipasi perabotan yang mungkin lapuk. Benda-benda ini dapat melukaimu akan merapikannya. Selain itu, waspadai juga sengatan listrik dari alat elektronik yang masih tercolok.

Moms, Segera Lakukan 5 Hal Ini Pasca Rumah Kebanjiran
source: https://www.deerparktx.gov/

2. Kuras Semua Air dan Hilangkan Lumpur

Setelah rumah dapat dipastikan aman, pastikan Mommy menguras semua air yang tersisa di pojok dan sudut-sudut ruangan. Begitu pula dengan lumpur yang mungkin menggenang dan mengendap di lantai rumah. Lakukan ini berulang kali untuk memastikan lantai benar-benar bersih. Setelah semua air dan lumpur disingkirkan, Mommy bisa dengan mudah memeriksa perabotan dan barang-barang yang terkena banjir.

3. Keringkan Rumah

Saat Mommy sudah berhasil menghilangkan semua genangan air dan lumpur, lanjutkan dengan mengeringkan seluruh ruangan di rumah. Hujan yang lebat bisa menambah kelembapan rumah, khususnya di area dinding. Kipas yang dipasang di ruangan dapat membantu mempercepat pengeringan.

Moms, Segera Lakukan 5 Hal Ini Pasca Rumah Kebanjiran
source: https://pen.restorationlocal.com/

4. Pembersihan

Setelah ruangan mulai kering, Mommy dapat menghubungi perusahaan asuransi jika Mommy memiliki asuransi untuk rumah. Selanjutnya, mulailah untuk membersihkan seluruh rumah dengan memilah apakah ada barang-barang yang masih bisa diselamatkan atau diperbaiki. Sebaliknya, untuk barang-barang yang sudah rusak, segera buang karena barang-barang, khususnya elektronik, yang rusak akan tidak aman untuk digunakan. 

baca juga

5. Lakukan Reparasi

Terakhir, setelah memilah barang-barang yang rusak dan yang bisa diselamatkan, Mommy dapat memulai reparasi sesuai dengan kebutuhan. Jika itu adalah kendaraan, segera bawa ke bengkel dan hubungi perusahaan asuransi. Periksa juga kondisi rumah, mulai dari pagar, pintu, jendela, dan lantai. Segera perbaiki segala yang rusak sebelum semua menjadi semakin parah.

Moms, Segera Lakukan 5 Hal Ini Pasca Rumah Kebanjiran
source: https://www.abc.net.au/

Itulah lima hal yang bisa dilakukan setelah banjir surut. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms!