Penyakit yang Sering Muncul Saat Hujan

Diare
Moms, karena kurangnya sumber air bersih ketika banjir melanda. Maka penyakit diare adalah penyakit yang kerap menjangkiti. Selain itu, kurangnya kesadaran menjaga kebersihan saat musim hujan tiba juga bisa menjadi pemicunya.

Demam Berdarah
Penyakit kedua yang kerap muncul dan menyerang adalah demam berdarah. Penyakit ini berasal dari nyamuk Aedes Aegypti. Sebisa mungkin Moms sekeluarga menghindari genangan air yang dapat memicu berkembangbiaknya nyamuk jenis ini. Pastikan tidak ada kaleng-kaleng kosong atau ban bekas yang terisi air ya, Moms.

Leptospirosis
Penyakit ketiga cukup serius nih, Moms, yaitu leptospirosis. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri leptospira yang ditularkan melalui hewan seperti air kencing tikus. Jadi Moms harus mewaspadainya, ya. Terlebih saat banjir.

Penyakit yang Sering Muncul Saat Hujan
source: https://www.cnnindonesia.com/

Penyakit Kulit (Infeksi atau Alergi)
Penyakit keempat yang kerap menyerang saat musim hujan tiba dan banjir adalah penyakit kulit. Hal ini terjadi karena kebersihan yang tidak terjaga dengan baik. Karena itu Moms bisa terkena infeksi atau alergi.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
Moms, penyakit selanjutnya yang bisa saja muncul saat musim hujan adalah gangguan pernapasan yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan berbagai mikroba yang terbawa saat banjir.

Demam Tifoid
Terakhir, penyakit ini bisa saja menyerang anak-anak atau orang dewasa. Biasanya, faktor kebersihan makanan memegang peranan penting dalam hal ini. Bisa Moms sudah terjangkit, maka Moms akan mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Cara Tetap Sehat Saat Musim Hujan
Wah, penyakit-penyakit yang sudah disebutkan tadi mungkin terlihat sepele. Namun jika tidak segera diatasi, bisa berbahaya. Karena itu, sebaiknya Moms melakukan beberapa tips berikut ini agar Moms sekeluarga tetap sehat saat musim hujan tiba. Bagaimana caranya?

Selalu bawa payung atau siapkan jas hujan
Saat berpergian keluar rumah, pastikan Moms sudah membawa payung dan jas hujan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, tapi tidak akan tahu nasib cuaca sore hari. Bisa jadi hujan hingga malam.

Makan makanan sehat
Saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

Penyakit yang Sering Muncul Saat Hujan
source: https://www.cnnindonesia.com/

Cuci tangan dengan sabun
Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun.

Minum air dan sesekali teh herbal
Banyak minum air putih membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Pastikan air yang Moms minum bersih dan matang. Selain itu, baik sekali minum teh herbal untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi jika setelah kehujanan.

Jaga kebersihan lingkungan
Selain menyegarkan, musim hujan juga rawan sekali penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai macam tempat, dan jika mengendap di halaman rumah, bisa membawa penyakit. Jadi, bersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah bersarangnya penyakit.

Nah Moms, mudah kan menjaga diri agar tidak mudah terserang penyakit. Selain cara di atas, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.