Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Cacar Air

Produk olahan susu
Moms, jika si kecil terkena cacar air, sebaiknya Moms menghindari memberikan produk olahan susu seperti keju, es krim, dan mentega. Mengonsumsi produk olahan susu ketika terserang penyakit cacar air justru akan membuat kulit menjadi berminyak.

Daging
Mengonsumsi daging akan meningkatkan suhu tubuh dan malah akan memperparah penyakit cacar air yang diderita.

Makanan Cepat Saji
Duh, jangan sekali-kali memberikan makanan cepat saji ya, Moms, jika si kecil masih terkena cacar air. Pasalnya, makanan cepat saji adalah makanan yang paling dilarang untuk dikonsumsi ketika terkena cacar air. Makanan cepat saji hanya akan membuat penyakit bertambah parah.

Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Cacar Air
source: https://food.detik.com/

Jeruk
Jeruk adalah salah satu buah yang seharusnya dihindari oleh penderita cacar air. Sebab jeruk mengandung asam yang akan mengiritasi lukanya menjadi melepuh dan semakin membuat gatal.

Makanan Pedas dan Tinggi Garam
Moms, makanan pedas dan berbumbu juga sebaiknya dihindari ketika menderita cacar air. Sebab makanan ini akan membuat tubuh penderita menjadi tidak nyaman. Selain itu, kandungan garam yang ada di dalam makanan ini akan memperparah gatal cacar air serta mampu menimbulkan bekas luka yang buruk.

Cara Agar Cacar Air Cepat Kering

Moms, jika si kecil terkena cacar air, jangan panik, ya. Moms bisa mencoba beberapa cara berikut ini agar cacar air yang diderita si kecil menjadi cepat kering.

Cuci Tangan
Bagi penderita cacar air, mencuci tangan harus dilakukan dengan sering dan benar guna membatasi penyebaran virus. Kemudian, jangan lupakan untuk memotong kuku juga agar tidak melukai daerah yang terkena cacar air yang bisa menimbulkan infeksi lebih.

Pantau Suhu Tubuh
Bila anggota keluarga Moms dan Dads terkena cacar air, maka sebaiknya Moms sesering mungkin memantau suhu badan dengan memberikan paracetamol termasuk menghilangkan sakit kepala. Hal ini disebabkan panas serta keringat saat demam akan membuat tubuh lebih gatal dan memperlambat proses keringnya luka cacar air.

Gunakan Lotion Calamine
Lotion calamine dapat membantu mengurangi rasa gatal. Lotion ini mengandung sifat-sifat yang menenangkan kulit termasuk zinc oxide. Caranya, gunakan jari yang bersih atau kapas, kemudian oleskan lotion ke area kulit yang gatal. Tapi, hindari penggunaan lotion bila cacar air berada di sekitar mata. Apabila rutin, maka cacar air akan cepat kering karena terhindar dari garukan tangan.

Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Cacar Air

Mandi Dengan Baking Soda
Nggak cuma untuk membuat kue, tapi baking soda juga bisa membuat cacar air menjadi cepat kering. Tambahkan satu cangkir baking soda ke dalam bak mandi yang dangkal serta hangat. Rendam badan selama 15 hingga 20 menit. Baik Moms dan Dads, atau Si Kecil bisa mandi hingga tiga kali sehari bila mereka rasa cara ini menenangkan gatalnya kulit.

Gunakan Sarung Tangan
Saat tidur, anggota keluarga yang terkena cacar air boleh dipasangkan sarung tangan. Dikutip dari healthline, penggunaan sarung tangan dapat mencegah godaan untuk menggaruk di malam hari atau selama tidur siang.

Minyak Esensial
Gunakan minyak Cendana yang tekenal sebagai minyak esensial yang menenangkan serta digunakan dalam sejumlah salep juga lotion. Caranya, gunakaan sedikit minyak tersebut dengan menggunakan kapas atau cotton buds, kemudian oleskan sedikit demi sedikit untuk meredakan iritasi akibat gatal cacar air.

Jadi, jangan panik ya, Moms. Lakukan langkah di atas. Semoga si kecil lekas sembuh, Moms.