1. Kelapa

Dilansir dari DetikFood, kelapa menjadi salah satu makanan yang kaya akan antioksidan untuk memerangi jamur. Selain itu buah kelapa mengandung asam laurat dan asam kaprilat tinggi yang dapat berperan untuk melawan jamur yang menyerang kulit. Walaupun kedua kandungan ini sudah terdapat di dalam tubuh. Namun, kandungan asam laurat ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan lemak sehat di dalamnya dapat meningkatkan fungsi hati.

Untuk memerangi jamur, coba untuk mengonsumsi daging kelapa utuh. Atau campurkan pada masakan dan dikonsumsi secara teratur. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membantu kulit untuk meredakan rasa gatal dan iritasi, dengan cara dioles ke bagian kulit yang terpapar air banjir.

1. Kelapa
source: http://www.freepik.com

2. Bawang Putih

Bawang putih memang dikenal sebagai bahan makanan penangkal bakteri secara alami. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung vitamin B6 dan kalium yang berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat fungsi hati dan meningkatkan kesehatan jantung. Juga ampuh dalam mengobati infeksi kulit akibat bakteri.

Agar ampuh, konsumsi bawang putih yang masih segar. Cara konsumsi bawang putih bisa dengan mengonsumsinya langsung atau mencampurkan ke dalam makanan. Misal, campurkan ke dalam sup ataupun salad. Selain dapat menangkal bakteri, bawang putih juga menyehatkan saluran pencernaan.

2. Bawang Putih
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

3. Bawang merah

Tidak kalah dengan bawang putih, bawang merah juga memiliki kandungan antioksidan yang memerangi bakteri di dalamnya. Selain dapat berperan melawan pertumbuhan bakteri, bawang merah juga bagus dalam menjaga kesehatan hati dan jantung. Di dalam bawang merah terdapat kandungan seperti vitamin C, vitamin B6, potasium dan antioksidan.

Kandungan tersebut dapat melawan jamur dan bakteri penyebab infeksi kulit. Juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang merah dapat dikonsumsi mentah-mentah ataupun dicampurkan ke dalam masakan.
3. Bawang merah
source: http://www.shutterstock.com

4. Oregano

Oregano ialah tanaman herbal yang mudah tumbuh di manapun. Oregano juga memiliki nutrisi yang baik bila dikonsumsi. Kandungan di dalam oregano yang berfungsi melawan bakteri adalah antioksidan. Diketahui kandungan antioksidan dalam oregano cukup tinggi sehingga dapat mengobati infeksi kulit akibat bakteri. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam memberkuat sistem kekebalan tubuh dengan tambahan kandungan B6 yang cukup besar.

Oleh sebab itu, oregano cocok dikonsumsi untuk menghindari kulit terkena infeksi. Oregano dapat dicampurkan ke dalam masakan. Tidak hanya itu, minyak oregano juga berfungsi untuk meredakan infeksi dan gatal-gatal pada kulit.
4. Oregano
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

5. Biji Labu

Walaupun jarang dikonsumsi orang, namun ternyata biji labu menyimpan banyak manfaat baik di dalamnya. Kandungan dalam biji labu dapat mengikat parasit dan membantu mengeluarkannya melalui saluran pencernaan. Kandungan protein dalam biji labu juga besar, dalam 1/4 gelas, biji labu mengandung 13 gram protein. Biji labu juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meringankan kulit kering akibat ruam infeksi jamur.

Biji labu dapat dikonsumsi dengan cara dipanggang dengan minyak atau garam. Atau bisa dicampurkan ke dalam oatmeal untuk sarapan ataupun dicampurkan ke dalam berbagai masakan seperti sup dan cemilan.

5. Biji Labu
source: http://www.istockphoto.com
Nah, itu dia 5 bahan makanan yang dapat dikonsumsi untuk melawan bakteri dan parasit, penyebab infeksi kulit. Setelah terkena air banjir, sebisa mungkin cuci bersih dengan menggunakan sabun ya, Moms! Stay safe!