"Ini seperti makanan yang ketika kamu bangun pagi dan kamu hanya, seperti, kamu mencium aromanya. Dan kamu langsung tahu bahwa hari ini akan berjalan baik," ujar Rich Brian menjelaskan apa yang dirasakannya tentang nasi goreng kepada Food Insider (30/12).

Tak hanya sebagai penikmat, Rich Brian juga lihai memasak nasi goreng. Keahliannya ini ia tunjukkan dalam video wawancara dengan Food Insider. Dalam video itu, juga dijelaskan tentang sejarah masuknya nasi goreng ke Indonesia.

Duh, Video Rich Brian Masak Nasi Goreng Viral Gara-gara ‘Mirip’ Fried Rice

Namun yang membuat videonya menjadi viral bukanlah keahlian memasak Rich Brian, tetapi caption yang ditulis oleh akun twitter Food Insider (30/12). "Resembling fried rice, nasi goreng is made with a thick, sweet Indonesian soy sauce called kecap," tulis Food Insider.

Bila diartikan, caption yang ditulis Food Insider di atas akan berbunyi: “Menyerupai fried rice (nasi goreng), nasi goreng dibuat dengan saus kedelai Indonesia yang kental dan manis yang disebut kecap." Ini yang membuat warganet tergelitik dan menuliskan banyak komentar. Karena faktanya nasi goreng dan fried rice adalah masakan yang sama, atau lebih tepatnya fried rice itu penyebutan nasi goreng dalam Bahasa Inggris.

Duh, Video Rich Brian Masak Nasi Goreng Viral Gara-gara ‘Mirip’ Fried Rice
baca juga

Akun @wafflepuffff menuliskan: "Bumi nusantara gonjang ganjing gara gara-tweet ini, bahkan gajah mada pun ikut heran."

"Of course it resmbles fried rice, nasi goreng is literally fried rice..," komentar dari akun @KevMarcPoh yang juga tergelitik untuk menuliskan komentarnya.

Duh, Video Rich Brian Masak Nasi Goreng Viral Gara-gara ‘Mirip’ Fried Rice

Sejarah Nasi Goreng

Nasi goreng di Indonesia memang erat kaitannya dengan para pendatang dari China. Awalnya memang bermula dari kebiasaan pedagang China yang tinggal di Palembang memasak nasi kemarin dengan bumbu yang mereka bawa dari China yang kemudian disesuaikan dengan keadaan di Indonesia.

Menurut Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito, di Indonesia sendiri ada 104 ragam masakan nasi goreng. Namun hanya ada 34 jenis yang diketahui sejarah lengkapnya. Pembeda dengan nasi goreng Indonesia dan China terletak di kecap manis. Karena orang Indonesia cenderung suka rasa manis, modifikasi dilakukan dengan mengganti saus kedelai China yang rasanya tidak manis.

Duh, Video Rich Brian Masak Nasi Goreng Viral Gara-gara ‘Mirip’ Fried Rice
source: https://www.seriouseats.com
baca juga

Kecap manis ini juga yang menjadi keunikan nasi goreng yang kini sudah menjadi brand Indonesia. Kafi Kurnia, Managing Director dari sebuah perusahaan kuliner Peka Consult Inc. menjelaskan jika nasi goreng kerap tercantum di dalam menu hotel luar negeri.

“Kalau Anda pergi ke mana pun, ke Tokyo, Seoul, Singapura, di menunya disebutkan nasi goreng. Menu tersebut kalau dalam deskripsinya menjadi Indonesian fried rice,” ujar Kafi Kurnia.

Hmm, jadi bangga nih dengan nasi goreng ya moms!

Duh, Video Rich Brian Masak Nasi Goreng Viral Gara-gara ‘Mirip’ Fried Rice
source: https://eatwellabi.com/easy-nasi-goreng/