Apa Itu Minyak Ikan?

Minyak ikan merupakan jaringan ikan yang mengandung lemak omega 3. Lemak tersebut terdiri dari asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Adapun ikan yang memiliki kandungan omega 3 baik dapat ditemukan pada ikan segar seperti salmon, ikan asin, sarden non kemasan, dan ikan haring. 

Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak

Minyak ikan merupakan salah satu alternatif berupa suplemen penunjang untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Pada dasarnya minyak ikan tidak hanya bermanfaat untuk anak melainkan juga memberi dampak positif bagi kesehatan orang dewasa. Tentunya dengan dosis yang berbeda ya moms. Hal ini disebabkan karena kondisi tubuh anak-anak dan dewasa tidak sama. 

Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak

Nah moms untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa manfaat minyak ikan yang baik untuk pertumbuhan anak. Simak baik-baik ya moms!

baca juga

Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kandungan minyak hati ikan atau cod liver oil (CLO) pada minyak ikan sangat  baik bagi perkembangan otak anak. Selain itu, minya ikan juga mengandung COD. COD merupakan asam lemak esensial bagi tubuh anak. Jenis asam lemak ini punya khasiat untuk membantu perkembangan otak dan menjadi stimulan positif dalam menguatkan daya ingat. 

Meningkatkan Kecerdasan Anak

Bagi si kecil, memiliki daya ingat yang baik menyimpan berbagai kosakata baru untuk mengolah kalimat yang diucapkan. Apalagi jika si kecil sering dibacakan cerita ketika menjelang tidur. Hal tersebut akan menambah kecerdasan anak moms.

Membantu Pertumbuhan dan Pembentukan Tulang

Masa anak-anak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh anak. Maka penting sekali bagi mommies untuk memperhatikan asupan makanan si kecil guna menunjang pertumbuhannya moms. Salah satu sumber makanan penunjang pertumbuhan adalah ikan. Dengan kandungan  CLO yang mengandung Vitamin A, D, dan DHA pada minyak ikan mampu memberikan nutrisi untuk indera pengelihatan serta kesehatan tulang dan kulit.

Membantu Pertumbuhan dan Pembentukan Tulang

Tentunya stimulan tersebut dapat menyempurnakan pertumbuhan dan perkembangan tulang anak. Namun sayangnya tidak semua anak menyukai makanan yang mengandung omega 3 atau sejenisnya. Nah moms, salah satu cara yang mudah adalah dengan menambahkan minyak ikan untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Tentunya dengan begitu kebutuhan asupan si kecil akan terpenuhi dan masa pertumbuhan pun akan berjalan sempurna.

baca juga

Meningkatkan Berat Badan Anak

Minyak ikan mengandun lemak yang baik bagi tubuh. Sebagian penelitian menyebutkan bahwa minyak ikan mampu meningkatkan berat badan terutama jika dikonsumsi harian bersama dengan makanan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena asupan lemak pada tubuh mengandung kalori sehingga mampu meningkatkan berat badan anak moms. Tentunya dengan disertai makanan yang bergizi moms.

Meningkatkan Berat Badan Anak

Menurunkan Peradangan Pada Tubuh

Masa anak-anak cenderung memiliki kekebalan tubuh yang rendah, oleh sebab itu rentan terserang penyakit. Salah satu manfaat dari minyak ikan adalah kandungan omega 3 mampu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan moms. Hal ini pernah dilakukan penelitian kecil pada anak penderita asma, dengan mengonsumsi minyak ikan secara rutin mampu mengurangi gejala asma selama 10 bulan dibandingkan dengan anak yang tidak mengkonsumsi minyak ikan. Nah moms, itulah beberapa manfaat minyak ikan bagi anak, semoga bermanfaat!

Menurunkan Peradangan Pada Tubuh