1. Pilih Daging Sapi Segar

Untuk mendapatkan bakso yang lembut dan kenyal, Mommy harus benar-benar memilih daging daspi yang segar. Sangat disarankan untuk membeli daging potongan dan mintalah pedagang daging untuk menggilingnya di tempat. Hindari memilih daging giling yang sudah tersedia karena biasanya itu terbuat daging yang tidak lagi segar. Selain itu, pilihlah daging yang bebas lemak, seperti daging sapi pada bagian paha dalam. 

Yum! Ini Dia Rahasia Bakso Kenyal dan Tidak Lembek
source: https://www.pinterest.com/

2. Perhatikan Betul Komposisi Bahan

Agar dapat menghasilkan tekstur bakso yang kenyal dan lembut, Mommy harus benar-benar memperhatikan komposisi bahan serta perbandingannya. Untuk panduan, Mommy dapat membuat perbandingan antara daging sapi giling dan tapioka sekitar 250 gram banding 40 gram. Sedangkan untuk garam kasar dan es batunya adalah sebanyak 1 sendok makan dan 100 gram. Jadi, ketika Mommy ingin mengolah 500 gram daging sapi, campurkan dengan 80 gram tepung tapioka, 200 gram es batu, dan 2 sendok makan garam kasar.

3. Masukkan Es Batu dalam Adonan

Menggiling daging sapi segar dengan es batu merupakan salah satu kunci untuk membuat bakso menjadi lebih kenyal dan lembut. Namun, ingat selalu bahwa es batu yang digunakan harus sudah berbentuk serutan halus. Jika tidak, cara yang termudah adalah memasukkan air es ke dalam campuran adonan bakso. 

Yum! Ini Dia Rahasia Bakso Kenyal dan Tidak Lembek
source: https://www.pinterest.com/

4. Garam Kasar Sebagai Pengenyal Alami

Setelah daging digiling dengan es batu tau air es, masukkan garam kasar sesuai takaran agar bakso menjadi lembut. Garam kasar merupakan bagian yang penting karena mengandung alkali yang berperan dalam pengental alami bakso. Masukkan garam ini bersamaan dengan bumbu-bumbu lain. Barulah terakhir, tepung tapioka dimasukkan hingga adonan bakso merata. Apabila terasa masih kurang kenyal, masukkan 1 sendok teh baking powder pada setiap 250 gram daging.

baca juga

5. Rendam Bakso dalam Air Panas Mendidih Tanpa Api Sebelum Direbus

Rata-rata orang langsung merebus bakso dalam air mendidih di atas api setelah dicetak bulat-bulat. Padahal, sebaiknya Mommy merendamnya terlebih dahulu dalam air panas mendidih tanpa api. Jika semua sudah terendam, barulah bakso direbus dengan menggunakan api kecil hingga matang. 

Yum! Ini Dia Rahasia Bakso Kenyal dan Tidak Lembek
source: https://www.pinterest.com/


Itulah cara membuat bakso sapi yang kenyal dan lembut. Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!