1. Buka Semua Bagian yang Bisa Dibuka

Hal pertama adalah membuka semua bagian sepatu yang bisa dibuka, seperti misalnya tali sepatu. Lepaskan tali sepatu dan rendam dalam air bersih yang telah dicampur dengan sabun khusus pembersih sepatu. Membuka tali sepatu dapat memastikan semua bagian yang terkena air banjir dan lumpur dapat dibersihkan dengan baik.

Sepatu Terendam Banjir? Ini 5 Tips Mencucinya Agar Tak Cepat Rusak
source: https://www.gq.com/

2. Bersihkan Kotoran dan Lumpur yang Menempel

Setelah itu, lap bagian-bagian sepatu yang kotor dengan lumpur dan sisa banjir lainnya. Pastikan semua kotoran itu dibuang. Pastikan Mommy tidak menyikat sepatu dengan sikat yang kasar dan keras. Ini penting agar bahan sepatu tidak mudah rusak. Akan sangat disarankan untuk mengelap sepatu dengan menggunakan kain mikrofiber.

3. Keringkan Sepatu dari Air yang Menyerap

Setelah itu, keringkan sepatu dengan menggunakan kipas angin atau hair dryer. Jangan menjemur sepatu di bawah sinar matahari karena dapat merusak warna dan bahan dari sepatu itu sendiri. Cara ini penting agar sepatu tidak menjadi bau karena air yang lembap di dalamnya.

Sepatu Terendam Banjir? Ini 5 Tips Mencucinya Agar Tak Cepat Rusak
source: https://www.wikihow.com/

4. Sikat Bagian Sudut Sepatu dengan Sikat Halus

Kemudian, mulailah menyikat bagian sudut-sudut sepatu dengan menggunakan sikat yang halus. Lakukan ini untuk memastikan sepatu benar-benar bersih sempurna hingga ke bagian dalam dan sudutnya. Pada tahap ini, Mommy tidak perlu merendam sepatunya lagi di dalam air. Cukup dengan merendam sikat di air saat menyikat bagian yang kotor. 

baca juga

5. Kembali Keringkan Sepatu

Terakhir, keringkan kembali sepatu yang sudah bersih. Mengeringkan sepatu adalah salah satu bagian kunci agar sepatu benar-benar bersih dan tidak rusak. Sepatu yang masih basah dan lembap akan berisiko menumbuhkan jamur dan bakteri. Selain membuat sepatu menjadi bau, sepatu yang basah dan lembap juga akan mudah rusak.