1. Pastikan anak dapat tidur yang cukup

Liburan panjang adalah masa dimana si kecil lebih banyak menghabiskan waktu bersama alat elektronik, seperti tv, komputer dan gadget. Sangat mudah bagi si kecil untuk tidur di larut malam ketika mereka tahu bahwa mereka dapat tidur di pagi berikutnya.

Kebiasaan ini dapat membuat minggu pertama kembali ke sekolah menjadi menantang. Jadi sebelum anak kembali ke sekolah, kurangi waktu bermain layar dan ajak anak kembali memiliki waktu tidur yang cukup dan wajar.

Pasca Libur Panjang, Ini Cara Mengembalikan Mood Anak Kembali Ke Sekolah
source: https://theconversation.com/amp/does-a-lack-of-sleep-really-make-children-overweight-heres-the-science-74478

2. Siapkan perlengkapan sekolahnya bersama-sama

Moms bisa mendampingi si kecil dalam menpersiapkan perlengkapan sekolahnya sambil mengajaknya bercerita hal apa yang paling ia sukai di sekolah. Dan mengatakan tak lama lagi ia akan bertemu dengan teman-temannya. Saat santai seperti ini bisa membuat si kecil lebih rileks dan memiliki mood yang bagus untuk kembali ke sekolah.

3. Jangan lupa sarapan dan bawa bekal favorit

Agar anak lebih bersemangat menghadapi hari pertama sekolahnya setelah libur panjang, Moms bisa membiarkan si kecil untuk memilih sarapan favoritnya ataupun membawakan bekal makanan kesukaannya. Bekalnya tersebut bisa Moms hias menjadi bento dengan bentuk-bentuk kartun favorit kesukannya. Wah, dijamin deh si kecil lebih bersemangat ke sekolah.

Pasca Libur Panjang, Ini Cara Mengembalikan Mood Anak Kembali Ke Sekolah
source: https://revistasaludcoomeva.co/la-importancia-del-desayuno-en-la-etapa-escolar-2/

4. Ciptakan rasa tenang pada diri anak

Ketika anak menunjukkan perubahan tingkah laku, ajak ia ke tempat yang tenang agar ada waktu pribadi bersama Moms. Ajarkan untuk menenangkan dirinya sendiri, misalnya dengan menarik napas panjang lalu menghitung dari 1 hingga 10.

Setelah tenang, ajak si kecil berbicara dari hati ke hati. Terkadang juga, ia tetap tidak mau berbicara. Berikanlah selembar kertas dan pensil warna, pintalah ia menggambarkan suasana hatinya di atas kertas. Moms dapat menggali perasaannya.

Suasana tenang dan pribadi, membuat anak merasa dianggap dewasa dan dihargai. Selain itu mereka juga akan merasa percaya diri tanpa kehilangan harga diri, sebab si kecil tidak merasa malu atau dipermalukan.

baca juga

5. Perhatikan pekerjaan rumahnya

Ketika libur telah usai, perlahan kembalikan rutinitas si kecil. Salah satunya adalah dengan mengerjakan pekerjaan rumahnya secara teratur.

Moms harus sediakan waktu Moms untuk memperhatikan si kecil dalam menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Sambil juga membantu jika ia tidak mengerti atau lupa terhadap pelajaran di sekolah setelah lama libur panjang. Semakin sering Moms menyediakan diri untuk membantu anak, maka tentunya semakin baik.

Pasca Libur Panjang, Ini Cara Mengembalikan Mood Anak Kembali Ke Sekolah
source: https://www.parentingforbrain.com/how-to-get-your-kindergartener-to-do-homework/

6. Mengantar anak ke sekolah

Sediakan waktu bagi Moms dan Dads untuk bisa mengantarkan sekolah si kecil khusus di hari pertama masuk sekolah. Si kecil tentu akan jadi lebih bersemangat karena diantar Moms dan Dads.

Saat berada di jalan, Moms bisa melakukan quality time dengan si kecil, misalnya seperti bernyanyi, mengobrol ringan, dan tentu saja menumbuhkan mindset yang baik tentang sekolah. Moms bisa mengatakan kalau anak rajin sekolah, maka kelak ia bisa menjadi anak yang pintar dan punya banyak teman.