Menentukan kualitas makanan yang moms masak bukan hanya tergantung pada bahan makanan,namun juga alat dapurnya. Beberapa peralatan dapur nyatanya wajib diganti secara berkala. Tanpa disadari ada banyak peralatan yang memiliki batas maksimal agar tetap aman digunakan. Hal ini penting diketahui, karena ini menyangkut kualitas makanan yang dihasilkan dari dapur moms. Dan tentu saja akan berpengaruh pada kesehatan keluarga.

Seperti kita ketahui makanan sehat dihasilkan dari dapur sehat yang tercermin dari alat-alat yang digunakan saat proses memasak. Jangan dikira semua alat harus diganti hanya menunggu rusak. Beberapa alat dapur berikut ini wajib moms ganti secara berkala:

1. Talenan

Banyak kegiatan memotong saat di dapur, talenan menjadi primadona ya moms. Alat ini sangat penting, karena memudahkan pemotongan. Nah karena menjadi salah satu alat yang wajib ada, talenan nyatanya harus diganti secara berkala. Jangan sampai menunggu terbelah dua baru menggantinya. Goresan pada talenan bisa menyimpan bakteri berbahaya. Apalagi jika moms kerap menggunakan alat tersebut untuk memotong daging mentah.

Jadwalkan untuk menggantinya, dengan mencatat kapan terakhir moms membeli alat tersebut. Oia jika moms lebih suka menggunakan talenan kayu, perhatikan perawatannya. Seperti diketahui talenan berbahan kayu wajib dicuci dan dikeringkan setelah dipakai. Hal ini karena talenan berbahan kayu mudah berjamur.

1. Talenan
baca juga

2. Panci yang Terkelupas

Peralatn masak yang wajib ada di dapur selanjutnya adalah panci. Meski moms telah memilh merek terbaik untuk panci set, namun alangkah baiknya moms tetap mengganti panci setidaknya 3-5 tahun sekali. Hal ini berkaitan dengan lapisan pada panci, yang cenderung mengandung bahan kimia berbahaya, jika panci terkelupas. Bahan kimia ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika tercampur ke makanan yang sedang moms masak.

2. Panci yang Terkelupas

3. Spons Cuci Piring

Menjaga kebersihan alat masak dan makan penting. Agar makanan yang disajikan terjamin kebersihannya. Sehingga makanan pun aman dikonsumsi. Kerap digunakan untuk membersihkan alat dapur dan alat makan, spons pencuci piring harus diganti secara berkala. Bukan hanya menjadi sumber bakteri, namun spons yang tak pernah diganti akan membuat peralatan moms pun menjadi tidak aman untuk digunakan.

Karena banyak kuman pada spons tersebut berpindah saat moms menggunakannya.  Bukan hanya spons yang semakin menipis, tapi bau tak sedap dari spons juga menjadi tanda agar benda tersebut harus diganti. Bau yang keluar dari spons menjadi bukti, spons tersebut telah menjadi sarang bakteri.

3. Spons Cuci Piring
baca juga

4. Pisau Dapur

Intensitas menggunakan satu pisau membuat benda tajam ini wajib diganti. Moms bisa mengganti pisau dapur setidaknya setahun sekali. Pilih pisau berkualitas tinggi. Tak hanya tajam, namun juga dibuat dari bahan yang aman digunakan. Dalam menggunakannya moms pun wajib merawatnya secara baik. Seperti mencuci dan mengeringkan setelah dipakai.

Jika tidak memiliki rak khusus menaruh pisau pertimbangkan untuk membeli pisau yang memiliki penutup. Selain itu, pertimbangkan untuk memiliki pisau lebih dari satu. Dan menggunakan pisau berbeda, bergantung pada apa yang akan dipotong. Gunakan pisau khusus daging untuk memotong daging. Miliki pisau khusus untuk memotong sayuran dan bahan makanan lainnya seperti kue. Selain dapat meminimalisir penggunaan satu pisau tertentu, trik ini juga membuat moms tak terlalu sering untuk mengganti pisau dapur.

4. Pisau Dapur

5. Pisau Pengupas Buah dan Sayuran

Benda ini sangat penting untuk digunakan setiap hari. Namun demikian moms tidak bisa menggunakan satu pisau pengupas selamanya. Tak hanya digunakan untuk mengupas, pisau yang juga digunakan untuk memotong keju ini disarankan agar moms menggantinya setahun sekali. Atau saat pisau telah berkarat, menjadi peringatan untuk tidak digunakan lagi. Memiliki harga cukup terjangkau tentu mengganti dengan jarak tersebut cukup mudah dilakukan ya moms.

5. Pisau Pengupas Buah dan Sayuran

6. Wadah Berbahan Plastik

Beberapa alat makan berbahan plastik juga wajib moms pertimbangkan untuk menggantinya. Intensitas penggunaan wadah makan berbahan plastik ikut menentukan kapan moms wajib menggantinya. Tak bisa dipungkiri seringkali wadah berbahan plastik mengeluarkan bau setelah dicuci. Apalagi wadah tersebut berbentuk kotak. Biasanya pada bagian sudut menjadi perhatian setelah digunakan untuk menaruh makanan berminyak. Untuk itu moms perlu mempertimbangkan untuk mengganti wadah plastik ini secara berkala.

6. Wadah Berbahan Plastik

Jika tak ingin direpotkan dengan penggantian tersebut, beralihlah menggunakan wadah berbahan beling atau kaca. Namun jika moms terpaksa harus menggunakan wadah plastik agar tas tak berat saat membawa bekal makan, jangan lupa pilih wadah yang bebas kandungan bahan kimia dan dapat digunakan secara berulang. Biasanya keterangan tersebut dapat terlihat dari keterangan produk saat membelinya. Agar tak terlalu sering digunakan, pertimbangkan untuk memiliki lebih dari satu wadah. Dan hindari menggunakan wadah berbahan plastik untuk menyimpan makanan berminyak.

7. Kain Lap Dapur

Setidaknya moms menyiapkan tiga kain lap di dapur. Ketiganya berfungsi untuk mengelap tangan, piring dan permukaan dapur dari berbagai cairan termasuk cipratan minyak. Ketiga kain lap tersebut wajib diganti secara berkala meski moms kerap mencucinya. Berfungsi sebagai pengering dari berbagai cairan lap dapur tak ubahnya menjadi benda menjadi sarang kuman dan  bakteri. Salah satu ciri moms wajib mengganti dengan kain lap yang bersih adalah ketika lap telah mengeluarkan bau tak sedap.

7. Kain Lap Dapur

8. Karpet

Keberadaan karpet didapur bukan hanya untuk dapur terlihat rapih dan bagus. Karpet dapur juga berfungsi agar lantai dapur tak licin saat berbagai cairan tumpah di lantai. Sama halnya dengan kain lap, karpet dapur banyak mengandung bakteri, karena ciran yang tumpah. Selain rutin mencucinya moms juga wajib menggantinya. Menjadi sarang bakteri moms bisa menjadawlkan untuk mengganti karpet dapur setidaknya lima hingga lima belas tahun sekali.

Jangka waktu penggantian karpet dapat dilakukan dengan catatan moms memiliki lebih dari dua karpet cadangan. Sehingga intensitas penggunaan karpetnya tak sesering dibandingkan hanya memiliki satu saja. Perannya jauh lebih penting jika moms tipe orang yang tidak menggunakan alas kaki saat di dapur. Menunda pencucian dan penggantian bisa beresiko meningkatkan alergi pada kulit kaki moms.

8. Karpet