Manfaat Salicylic Acid

1. Menghilangkan Komedo

Populer Sebagai Obat Jerawat, Ketahui Manfaat dan Efek Samping Salicylic Acid

Sejatinya, komedo merupakan masalah kulit yang paling umum dan hampir semua orang memiliki komedo. Komedo terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan minyak (sebum). Namun, jika dibiarkan komedo ini dapat berkembang menjadi jerawat jika terjadi infeksi oleh bakteri. Salicylic acid memiliki kemampuan untuk mencegah tersumbatnya pori-pori dengan cara menyerap minyak berlebih pada kulit. Selain itu, kemampuannya dalam membunuh bakteri juga dapat digunakan sekaligus untuk membasmi bakteri pada jerawat. Tak heran, ada banyak produk sabun muka hingga obat oles jerawat yang mengandung salicylic acid.

2. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Populer Sebagai Obat Jerawat, Ketahui Manfaat dan Efek Samping Salicylic Acid

Secara teratur, kulit akan melakukan regenerasi untuk menggantikan sel-sel kulit mati dengan yang baru. Namun, proses regenerasi ini dapat terhambat jika sel-sel kulit mati pada permukaan kulit tidak secara sempurna. Tak hanya dapat menyerap minyak dan membunuh bakteri jerawat, salicylic acid juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan memberikan efek desmolitik pada kulit. Oleh karena itu, salicylic acid juga dapat ditemukan pada beberapa produk peeling maupun masker wajah.

baca juga

3. Mengatasi Ketombe

Populer Sebagai Obat Jerawat, Ketahui Manfaat dan Efek Samping Salicylic Acid

Tak hanya untuk masalah kulit wajah, salicylic acid juga bekerja dengan baik untuk kulit kepala. Kemampuannya dalam menyerap minyak dan mengangkat sel-sel kulit mati membuat salicylic acid dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketombe dengan cara mencegah terjadinya tumpukan minyak dan sepihan-serpihan kulit penyebab ketombe. Oleh karena itu, ada banyak jenis shampoo hingga conditioner yang mengandung salicylic acid.

Oleh karena itu, biasanya salicylic acid terdapat pada beberapa produk perawatan kulit yang ditujukan untuk kulit berminyak, berjerawat hingga untuk kulit yang memiliki bintik-bitik hitam akibat paparan sinar matahari. Meskipun begitu, penggunaan salicylic acid harus disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan. Ternyata, dibalik kemampuannya dalam mengatasi masalah jerawat, salicylic acid juga memiliki efek samping yang berbahaya pada kulit.

Efek Samping Salicylic Acid

Populer Sebagai Obat Jerawat, Ketahui Manfaat dan Efek Samping Salicylic Acid
  1. Kulit kering, hal ini disebabkan karena salicylic acid dapat menyerap minyak alami kulit (sebum).
  2. Menimbulkan alergi yang ditandai dengan munculnya gatal-gatal, kulit terasa perih dan kesemutan, bahkan untuk beberapa kasus dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian-bagian tertentu.
  3. Dapat menyebabkan iritasi terutama pada kulit sensitif.
  4. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil terutama untuk jenis obat yang diminum karena dapat menyebabkan pendarahan.