Makanan Sebelum Berolahraga

1. Ubi

Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

Ubi merupakan salah satu karbohidrat kompleks yang bisa Moms konsumsi sebelum olahraga. Karbohidrat yang terkandung pada ubi dapat memberikan energi yang cukup saat berolahraga. Tak hanya itu, kandungan seratnya juga yang tinggi membuat Moms akan merasa kenyang lebih lama sehingga Moms tidak akan kalap makan setelah olahraga. Kabar baiknya lagi, ubi mengandung kalori yang rendah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat diet.

2. Pisang

Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

Selain ubi, buah pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Dalam satu buah pisang, terkandung karbohidrat, lemak, vitamin serta beragam mineral yang sangat baik untuk tubuh. Konon, mengkonsumsi pisang dapat meningkatkan konsentrasi seseorang. Hal ini sangat penting untuk tetap menjaga fokus Moms saat berolahraga. Hasilnya, Moms dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak fokus saat berolahraga.

baca juga

3. Oats

Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

Kini, oats menjadi sangat populer untuk dijadikan pengganti nasi selama proses penurunan berat badan. Oats dianggap lebih baik dibanding sumber karbohidrat seperti nasi karena oats mengandung banyak serat yang tidak larut air sehingga dapat mengontrol kadar gula darah dan mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, oats sangat baik untuk dikonsumsi sebelum berolahraga sebagai sumber energi. Moms bisa mencampurkannya sebagai smoothie atau bahkan membuat overnight oatmeal yang lezat.

Makanan Setelah Olahraga

1. Dada Ayam

Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

Dada ayam menjadi primadona bagi mereka yang sedang ingin membentuk otot. Pasalnya, dalam 100 gram dada ayam, kandungan utamanya adalah protein dibanding lemak. Tak heran, tekstur daging dada ayam lebih berserat dibanding bagian daging ayam yang lain. Para atlet dan pakar kesehatan menyarankan untuk memperbanyak konsumsi protein setelah melakukan olahraga. Hal ini bertujuan untuk mengganti otot-otot yang rusak sekaligus mengisi kembali energi yang dikeluarkan selama berolahraga.

Untuk mendapatkan hidangan dada ayam yang sehat, cukup marinasi dada ayam dengan bumbu kesukaan Moms lalu panggang atau kukus hingga matang. Tambahkan beberapa potong sayuran dan karbohidrat kompleks sehingga nutrisi menjadi lebih lengkap.

baca juga

2. Ikan yang Berlemak

Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

Tak begitu suka dada ayam karena teksturnya yang terlalu berserat? Tenang, Moms bisa menggantinya dengan ikan. Pilihlah jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh. Menurut beberapa penelitian, asam lemak omega-3 dapat menekan risiko peradangan pada tulang dan sendi. Hal ini sangat diperlukan oleh mereka yang menggunakan tulang serta sendi saat beraktivitas. Jenis-jenis ikan tersebut diantaranya salmon, tuna, sardine dan lain-lain. Meskipun begitu, jenis ikan lainnya tetap baik kok untuk dikonsumsi mulai dari ikan kembung, ikan mas atau ikan yang Moms suka.

3. Greek Yogurt

Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

Tak terbiasa makan berat setelah berolahraga? Greek yogurt bisa jadi pilihan nih, Moms. Pasalnya, greek yogurt merupakan sumber kalsium yang baik di mana dapat meningkatkan kesehatan tulang. Tak hanya itu, greek yogurt juga mengandung probiotik yang dapat mendukung kesehatan pencernaan sehingga terhindar dari masalah konstipasi selama program diet. Pilihlah greek yogurt dengan rasa yang tawar dibanding rasa buah-buahan karena lebih rendah kandungan gulanya. Untuk menambahkan nutrisi, Moms bisa menambahkan beragam jenis buah berry dengan beberapa taburan kacang untuk ekstra energi.

Nah, itulah beberapa deretan makanan yang baik dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga. Deretan makanan di atas hanyalah untuk referensi. Karena sejatinya, semua makanan tetap baik untuk dikonsumsi selama tidak berlebihan. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan air harian sehingga seluruh sel-sel tubuh dapat bekerja dengan baik. Semoga bermanfaat, Moms!