Apa Itu Kolitis Ulseratif?

Kolitis Ulseratif adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan pada bagian usus kolon atau biasa disebut usus besar. Dalam keadaan ini penderita akan merasakan beberapa gejala yang bisa jadi tidak sama antara satu penderita dengan lainnya. Hal ini disebabkan karena tergantung kondisi kerusakan pada bagian usus masing-masing. 

Apa Itu Kolitis Ulseratif?

Gejala Kolitis Ulseratif

Setiap penyakit memiliki gejala yang beragam. Begitupun dengan penyakit radang usus ini. Adapun beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita ini adalah diare terus menerus yang disertai dengan darah dan nanah, perut terasa nyeri atau kram, berat badan menurun, tubuh mudah lelah, nyeri pada bagian anus dan demam. 

Gejala tersebut tidak selalu terasa oleh penderita, kadang muncul sejenak atau bahkan kadang tidak muncul sama sekali. Namun hal tersebut bukan berarti seketika sembuh, tetapi sedang melalui masa remisi. Yakni terdapat gejala lain seperti sariawan, mata lelah dan nyeri sendi. Jika hal tersebut terjadi maka moms bisa segera memeriksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

baca juga

Resep Alami Mengatasi Kolitis Ulseratif ala dr. Zaidul Akbar

Perlu diketahui moms bahwa berbagai penyakit memiliki obat yang beragam, salah satunya adalah obat alami seperti yang diberikan oleh dr. Zaidul akbar. Nah moms berikut resep alami atasi Kolitis Ulseratif. Simak baik-baik yaa!

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 bonggol buah nanas
  • 1 sdt Jintan hitam
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 100 cc yogurt plain
  • 250 cc Air putih ph alkaline 
  • 1 sdm Madu (sesuai selera)
Resep Alami Mengatasi Kolitis Ulseratif ala dr. Zaidul Akbar

Cara Membuatnya

Setelah menyiapkan bahan yang dibutuhkan, selanjutnya moms hanya perlu menyiapkan gelas dan blender bersih. Masukkan semua bahan kecuali madu, ke dalam blender. Potong bonggol nanas kecil-kecil agar bisa diblender dengan mudah. Setelah diblender, saring dan selanjutnya bisa dikonsumsi langsung moms. Cara ini bisa juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit GERD lho moms. Selamat mencoba!

Cara Membuatnya