1. Kadar Gula Darah Tidak Stabil

5 Penyebab Mood Swing dari Segi Medis yang Bikin Moms Tercengang!

Melewatkan makan dapat membuat kadar gula darah menjadi tidak stabil. Kadar gula darah yang tidak stabil dapat membuat seseorang menjadi lebih sensitif dan mood yang tidak stabil. Tak heran, orang yang sedang dalam keadaan lapar lebih mudah marah dibandingkan orang normal biasa.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi: Sayuran hijau, ubi, talas, dan oats.

2. Kurangnya Asam Lemak Omega-3

5 Penyebab Mood Swing dari Segi Medis yang Bikin Moms Tercengang!

Asam lemak omega-3 sering dikaitkan dengan kepintaran seseorang. Hal ini karena asam lemak omega-3 merupakan asam lemak esensial yang berguna untuk perkembangan fungsi otak dan saraf.Ternyata, perana asam lemak omega-3 tidak hanya sampai di situ. Menurut Journal of Epidemiology and Community Health menyatakan bahwa seseorang yang kekurangan asam lemak omega-3 dapat memiliki risiko gangguan mental lebih tinggi seperti mood swing hingga depresi.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi: Ikan salmon, ikan kembung, ikan sardine, ikan tuna, biji chia

baca juga

3. Tubuh Kekurangan 'Lemak'

5 Penyebab Mood Swing dari Segi Medis yang Bikin Moms Tercengang!

Tahukah Moms, sekitar 60% otak kita terbentuk dari lemak? Lemak baik sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu kinerja otak, mestimulasi antidepresan alami dan mengurangi peradangan. Oleh sebab itu, diet rendah lemak sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan jangka panjang karena dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi. Jadi, tidak selamanya lemak itu jahat kan, Moms?

Makanan yang baik untuk dikonsumsi: Alpukat, kacang almond dan minyak sayur.

4. Kurang Asam Amino (Protein)

5 Penyebab Mood Swing dari Segi Medis yang Bikin Moms Tercengang!

Selain asam lemak omega-3 dan lemak, kurangnya asam amino (protein) juga dapat membuat ketidakstabilan mood pada seseorang. Pasalnya, asam amino dapat membentuk neurotransmitter yang mana merupakan senyawa kimia di otak yang membantu mengirim sinyal diantara sel-sel otak. Neurotransmitter yang dibentuk seperti dopamin (hormon yang mempengaruhi daya ingat), serotonin (hormon yang mengatur tidur, nafsu makan, dan mood), endorphin (hormon yang membuat bahagia) dan lain-lain.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi: Dada ayam, telur, dan pisang.

baca juga

5. Ketidakstabilan Hormon

5 Penyebab Mood Swing dari Segi Medis yang Bikin Moms Tercengang!

Mood swing akibat ketidakstabilan hormon merupakan hal yang umum dirasakan oleh wanita. Terutama jika wanita tersebut sedang hamil maupun saat menjelang menstruasi. Rendahnya level hormon estrogen pada wanita yang sedang menstruasi dapat mempengaruhi kondisi mood. Akibatnya, wanita yang sedang menstruasi menjadi lebih mudah marah hingga mudah merasa sedih.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi: Susu kedelai, bayam, biji bunga matahari dan coklat.