"Hari ini pukul 4 (WIB) gue ninggalin dia (Ria) buat salat Subuh, tapi gue enggak ninggalin dia sendirian sih karena kan beberapa hari ini keluarga ada di sekitar gue sama Ria," begitu penjelasan Mayky Wongkar di rumah duka di Lebak Bulus, Jakarta Selatan seperti dilansir dari HotDetik.

Betapa kaget sang suami, ketika kembali usai menunaikan shalat subuh, suasana di kamar perawatan nampak berbeda. Terlihat raut muka sedih dari pihak keluarga yang ikut membantu menjaga.

"Subuh jam 4 itu gue pergi salat, ada Mbak Dewi Irawan dan suster nemenin pas gue balik semua udah pada nangis, suster bilang kayaknya udah enggak nafas," papar Mayky Wongkar.

Kronologi Meninggalnya Ria Irawan Hingga Banjir Ucapan Duka Rekan Artis
source: https://hot.detik.com/

1. Penyebab Kondisi Drop

Sejak pekan lalu, kondisi Ria Irawan semakin memburuk akibat sel kanker di paru-paru kembali aktif. Menurut penuturan Mayky, dokter sudah menjadwalkan ada tindakan pada hari ini, namun sayangnya takdir berkata lain.

"Dokter bilang 'Hari Senin ini, mau kayak dimasukin alat kamera kecil gitu buat nyari sumber kankernya itu dimasukin ke paru,' pokoknya harus nyari sumbernya itu," jelasnya.

"Soalnya kan sedot terus tapi tumbuh lagi dan enggak baik buat paru dia, eh nggak lama ya gitu lah (meninggal)" Mayky menjelaskan.

Kronologi Meninggalnya Ria Irawan Hingga Banjir Ucapan Duka Rekan Artis
source: https://hot.detik.com/
baca juga

2. Sel Kanker Aktif Kembali Setelah Dinyatakan Sembuh

Pada tahun 2014, Ria Irawan divonis menderita kanker endometrium yang berhasil dilaluinya dengan serangkaian kemoterapi serta tindakan medis lainnya. Di tahun yang sama, ia pun dinyatakan sembuh dari penyakitnya itu.

Tetapi tiga tahun berselang, di tahun 2017, sel kankernya kembali aktif dan kali ini menjalar hingga ke diafragma. Penyakitnya semakin memburuk dengan menyebar ke organ lain seperti otak dan paru-paru di tahun 2019. Padahal sebelumnya kondisi Ria sempat membaik dan diperbolehkan menjalani berobat jalan.

Pekan lalu, kondisi Ria kemudian memburuk hingga mengharuskannya menjalani rawat inap. Ria meninggal pada Senin (06/1/2020) pagi, sebelum dokter sempat melakukan tindakan untuk mengobati sel kanker di paru-parunya.

Kronologi Meninggalnya Ria Irawan Hingga Banjir Ucapan Duka Rekan Artis
source: https://hot.detik.com/

3. Banjir Ucapan Duka Dari Rekan Sesama Artis

Kehilangan Ria Irawan juga dirasakan oleh rekannya sesama artis. Lewat akun media sosial, banyak rekan artis yang mengucapkan bela sungkawa. Beberapa di antaranya, bisa dilihat pada rangkuman di bawah ini Moms.

Kronologi Meninggalnya Ria Irawan Hingga Banjir Ucapan Duka Rekan Artis
source: https://hot.detik.com/
baca juga

Marsha Timothy

Artis peran Marsha Timothy yang menuliskan pesan untuk keluarga Ria lewat postingan stories di akun instagram miliknya, @marshatimothy.

"Innalillahi Wa Innailaihi rojiun..selamat jalan mba Ria Irawan..May you rest in love. Turut berduka cita sedalam-dalamnya, semoga untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi ketabahan dan keikhlasan," tulis Marsha.

Teuku Zacky.

"Inalillahi wa inaillahi rojiun...turut berdukacita atas berpulangnya mba @riairawan semoga diampuni segala dosanya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT," tulis aktor @teukuzacky.

Addie MS

Konduktor kenamaan, Addie MS juga turut mengucapkan bela sungkawa melalui twitter.

"Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un, selamat jalan Ria Irawan..," tulis @addiems.

Anggun C Sasmi

Penyanyi Indonesia yang sudah go internasional, Anggun C Sasmi juga menuliskan pesan duka lewat akun twitter miliknya.

"Innalillahi wa inna ilahi raji'un..Mba Ria Irawan (emoji hati) RIP," tulis Anggun lewat akun @Anggun_Cipta.

Darius Sinathrya

Tak ketinggalan, presenter kondang Darius Sinathrya juga memposting ucapan duka lewat akun twitter miliknya. "RIP Ria Irawan," tulis akun @Dsinathrya.

Melly Goeslaw

Melly menjadi salah satu sahabat artis yang mengikuti perkembangan kondisi Ria Irawan. Meski sedang berada di Tokyo, Melly mendapatkan kabar terbaru kondisi Ria dari postingan kerabat dekat Ria Irawan.

Yakin Ria diberi kesembuhan, Melly mengaku terkejut ketika mendengar Ria tiada, seperti ucapan duka yang ia sampaikan melalui instagram. 

Selamat jalan Ria Irawan, semoga amal ibadahnya diterima di sisiNya.

Kronologi Meninggalnya Ria Irawan Hingga Banjir Ucapan Duka Rekan Artis