Kompres Pilis

Setelah melahirkan, Paula sempat mengunggah foto dirinya menggunakan kompres pilis di dahi. Hal ini ia lakukan sebagai perawatan tubuh pasca melahirkan. Kompres pilis ini merupakan salah satu cara perawatan tubuh tradisional bagi wanita yang baru saja melahirkan.

Kompres Pilis
source: http://www.instagram.com/paulaverhoeven

Pilis atau kompres jamu adalah ramuan tradisional berupa bubuk hasil campuran dari rempah-rempah. Campuran rempah-rempah tersebut dapat berupa kunyit, kenanga, kencur, daun mint hingga ganthi yang ditumbuk hingga halus.

Kompres Pilis
source: https://www.greenvalleyspices.com
baca juga

Manfaat kompres pilis

Biasanya wanita setelah melahirkan akan merasakan nyeri pada bagian tubuhnya, kepala yang pusing dan badan yang pegal-pegal. Kompres pilis dapat meredakan gejala-gejala tersebut. Ada banyak manfaat yang didapat dengan melakukan kompres pilis, antara lain, menjaga kesehatan mata, mengurangi rasa sakit kepala atau pusing dan melancarkan peredaran darah. Pilis juga dapat memberikan sensasi 'dingin' dan rileks pada kepala dan tubuh.
Manfaat kompres pilis
source: http://www.freepik.com

Cara menggunakan kompres pilis

Pilis dapat dibuat dari campuran rempah-rempah yang ditumbuk hingga halus lalu diberi sedikit air hingga adonan agak padat dan ditempelkan ke dahi hingga kering. Atau Moms bisa membeli bubuk pilis yang dijual di toko jamu lalu diberi air. Beberapa toko juga menjual pilis dalam bentuk kapsul atau butir. Cara penggunaannya cukup dilarutkan ke dalam air panas dan diaduk hingga mengental.

Setelah adonan sudah jadi, tempelkan pilis pada dahi dan didiamkan hingga kering. Aroma piis yang tercium dapat membuat Moms merasa tenang. Sensasi dingin dari pilis yang ada di dahi juga dapat membuat pikiran segar. Pilis dapat digunakan setelah mandi, saat pagi dan sore hari sejak hari pertama hingga 40 hari setelah persalinan.

Cara menggunakan kompres pilis
source: http://www.thinkstockphoto.com

Tidak hanya Paula Verhoeven, bahkan artis lain seperti Sarwedah dan Ayu Dewi juga menggunakan kompres pilis pasca persalinan. Walaupun kompres pilis termasuk perawatan tradisional namun membawa banyak manfaat pasca melahirkan. Kompres pilis juga dipercaya dapat mengobati sakit kepala akibat darah tinggi. Tertarik mencobanya, Moms?