1. Merasa Cemas Terus Menerus

Cemas adalah hal lumrah bagi setiap orang. Namun, jika kamu cemas secara berlebihan dan secara terus menerus, maka itu pertanda tidak baik. Cemas yang seperti itu adalah salah satu ciri-ciri kamu mengalami stres saat hamil. Kecemasan ini bisa disebabkan oleh apa saja, misalnya cemas karena sendirian di rumah ataupun cemas karena bayi tidak bergerak di dalam kandungan. Sebaiknya minta bantuan untuk segera mengatasi kecemasan ini ya, Moms. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, malah akan mengganggu kesehatanmu. 
 

1. Merasa Cemas Terus Menerus
source: http://www.scarymommy.com


 

baca juga

2. Bad Mood

Sebentar-sebentar bad mood dan tidak merasa nyaman dengan kehadiran orang-orang di sekitar juga bisa menjadi pertanda stres saat hamil. Apalagi kalau kamu sampai menangis gara-gara ketidaknyamanan yang kamu rasakan. Ya, ibu hamil memang cenderung merasa lebih sensitif saat hamil. Untuk tetap menjaga moodmu dalam keadaan baik, maka lebih banyak melakukan hal-hal positif saat hamil, salah satunya bergaul dengan teman-teman yang membuatmu merasa nyaman ataupun hal kecil seperti mendengarkan musik. 
 

2. Bad Mood
source: https://www.babycentre.co.uk


 

3. Tidak Bersukacita

Tidak sedikit ibu hamil yang merasa biasa-biasa saja dengan kehamilannya alias tidak merasa bersukacita karena dikaruniai seorang bayi. Kalau kamu merasakan hal ini, maka coba tanyakan kepada dirimu apakah kamu baik-baik saja. Tidak bahagia dan bersyukur selama hamil adalah salah satu pertanda kamu stres dan tidak menerima bayi dalam rahimmu. Selain itu, kamu jadi malas memerhatikan kondisi kesehatanmu sendiri, seakan-akan tak ada janin di dalam tubuhmu. Salah satu tanda kamu enggak berminat dengan kehadiran bayi adalah jarang menyapa bayimu sendiri dalam kandungan. 
 

3. Tidak Bersukacita
source: http://www.scarymommy.com


 

baca juga

4. Pikiran Negatif

Apakah kamu selalu dihinggapi pikiran negatif saat hamil, Moms? Pikiran negatif itu misalnya merasa suami tidak perhatian, tetangga menggosipimu, teman kantor tak bersimpati dengan kehamilan dan sebagainya. Hmm... Lebih baik hindari berpikiran negatif, dan penuhi hari-harimu dengan aktivitas maupun pikiran positif selama hamil. Dengan demikian, akan membantumu menjalani kehamilan dengan lancar dan tanpa kendala. 
 

4. Pikiran Negatif
source: https://mediaresources.idiva.com