Cara memilih cumi-cumi segar yang layak untuk dikonsumsi

Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut. Cephalopoda dalam bahasa Yunani berarti kaki kepala, hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala.

Tips Memilih Cumi-cumi, Pilih yang Segar Berkualitas, Moms!
source: https://www.epicurious.com/recipes/food/views/spicy-sizzling-squid-sisig-na-pusit

Cumi-cumi sendiri menjadi kuliner favorit masyarakat Indonesia, karena cocok dimasak dengan cara apapun. Supaya masakan berbahan cumi-cumi lezat dan memiliki manfaat yang maksimal, penting sekali untuk memilih cumi-cumi berkualitas. Mendapatkan cumi berkualitas sangat penting karena cumi-cumi yang lezat sangat dipengaruhi oleh bahan yang segar.

Namun, saat ini banyak sekali penjual nakal yang menjual cumi-cumi dalam keadaan tidak segar. Tapi Moms tidak perlu khawatir, Mommyasia memiliki tips dalam memilih cumi-cumi yang tepat.

1. Jangan pilih cumi-cumi yang berlendir

Cumi-cumi segar memiliki tekstur yang kenyal dan kesat. Jangan membeli yang berair, apalagi berlendir. Hindari memilih cumi-cumi yang kulit arinya mulai mengelupas. Hal ini menandakan cumi-cumi sudah tidak segar lagi. Selain itu, cumi-cumi yang masih segar biasanya akan lebih mudah dipotong.

Jika Moms ingin mengolah cumi kering atau cumi asin, pilih yang teksturnya kering. Agar lebih aman, pilih yang menggunakan kemasan karena terdapat tanggal kadaluarsanya. Tips lainnya, agar tekstur dan rasanya pas, rendam dahulu cumi asin dengan air panas selama 10-15 menit. Daging cumi akan menjadi lebih empuk dan mengurangi rasa asin.

Tips Memilih Cumi-cumi, Pilih yang Segar Berkualitas, Moms!
source: https://www.foodnetwork.com/recipes/articles/a-guide-for-buying-and-cooking-squid

2. Perhatikan tampilannya

Cumi segar memiliki tampilan permukaan daging yang berwarna putih dengan bercak coklat kemerahan. Cumi yang sudah berusia tua memiliki warna permukaan merah muda dan daging berwarna kekuningan. Cumi yang segar memiliki daging yang mulus dan tidak robek. Perhatikan juga bagian matanya yang harus berwarna bening, kepala masih utuh serta tidak berwarna keunguan.

baca juga

3. Cium aromanya

Cumi-cumi yang baik memiliki aroma khas laut yang segar, tidak mengeluarkan aroma amis atau anyir. Jadi Moms harus hindari cumi yang baunya menyengat, terlalu amis atau bahkan bau busuk. 

Tips Memilih Cumi-cumi, Pilih yang Segar Berkualitas, Moms!
source: https://www.istockphoto.com/ae/video/fresh-squid-gm533505362-98342579

4. Kulit ari yang tidak robek

Hal penting lainnya dalam memilih cumi yang layak dikonsumsi, adalah jangan pilih cumi yang kulit arinya sudah terkelupas atau rusak, karena ini tanda cumi sudah tak segar. Pilih cumi yang kulit terluarnya tidak robek dan hancur, masih utuh dan tidak mudah rusak ketika dicubit.

5. Perhatikan ukurannya

Apabila Moms ingin memasaknya dalam waktu yang cepat dan tidak terlalu lama, maka Moms bisa memilih cumi berukuran kecil. Karena cumi besar memerlukan waktu lama agar cepat matang.

Tips Memilih Cumi-cumi, Pilih yang Segar Berkualitas, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.epicurious.com/expert-advice/how-to-buy-clean-cook-squid-calamari-tips-recipes-article/amp

6. Penyimpanan

Setelah membeli cumi-cumi segera bersihkan cumi tersebut. Jika Moms tak ingin langsung mengolahnya, Moms bisa menyimpannya terlebih dahulu di kulkas. Jika disimpan dalam kulkas, cumi-cumi dapat bertahan selama 2 hari.

Supaya lebih lama, masukan dalam wadah yang tertutup rapat dan simpan dalam freezer. Cara ini akan membuat cumi tahan sampai 2 bulan.

Jika Moms menyimpan cumi tersebut di dalam plastik, maka sebaiknya simpanlah di dalam plastik tebal. Pastikan jika plastik yang digunakan untuk memilih cumi tersebut tidak ada jalan masuknya udara. Jika perlu Moms bisa memvakum plastik tersebut supaya bebas dari udara.

Berikut tadi beberapa tips memilih cumi-cumi yang masih segar dan layak dikonsumsi. Jangan sampai salah pilih ya, Moms!