Dilansir dari laman web FoodDetik, seorang netizen yang menjadi karyawan sebuah warung bakso bertahun-tahun lamanya, akhirnya menemukan hal yang tidak beres. Ia mendapati warung itu memakai penglaris berupa celana dalam.

Melalui situs tanya jawab Quora, seorang netizen yang tidak ingin diketahui namanya (anonim) mengaku sebuah dosa besar ketika ditanya oleh anonim lainnya. Dosa besar itu adalah ketika dirinya mulai bekerja sebagai karyawan di sebuah warung bakso.

Warung Bakso Pakai Penglaris Celana Dalam, Pengakuan Karyawannya Jadi Viral
source: https://food.detik.com/

Warung bakso itu sangat sederhana, hanya berupa gerobak dan beberapa meja makan yang mangkal di pinggir jalan yang ada di sebuah kawasan di Surabaya, Jawa Timur. Anonim tersebut menceritakan kisahnya bermula ketika ia dibawa oleh sepupunya untuk bekerja di warung bakso tersebut. Padahal ia berasal dari Gresik, Jawa Timur.

Warung bakso merupakan milik sepasang suami istri yang dikenal selalu ramai. Dalam sehari saja, warung bakso itu mampu menghabiskan sekitar 400 mangkuk. Karenanya pemilik warung bakso dibantu oleh 8 orang karyawan.

Namun, anehnya karyawan sebanyak itu tidak pernah diizinkan untuk memasak kuah bakso dan menuangkan kuah bakso ke dalam mangkuk. Para karyawan hanya boleh melakukan pekerjaan seperti berbelanja ke pasar, membuat bakso, mengantarkan pesanan, dan bersih-bersih.

Bahkan mereka juga tidak diizinkan untuk membuka kuali tempat memasak kuah bakso atau tutup panci kuah yang ada di gerobak bakso.

Warung Bakso Pakai Penglaris Celana Dalam, Pengakuan Karyawannya Jadi Viral
source: https://food.detik.com/
"Jangankan membuka, melihat saja kami akan diomeli habis-habisan," tulisnya.
source: https://food.detik.com/
baca juga

Hal tersebut membuat para karyawan bertanya-tanya soal pelarangan yang dianggap tak wajar. Awalnya mereka berpikir bahwa sang pemilik warung bakso takut resep rahasianya terbongkar. Namun, anggapan itu terpatahkan setelah seorang anonim tadi mencoba membuka tutup panci dan menuangkan kuah untuk pesanan pembeli.

Warung Bakso Pakai Penglaris Celana Dalam, Pengakuan Karyawannya Jadi Viral
source: https://food.detik.com/
"Tapi pada 4 hari setelah lebaran tahun 2018, kami baru buka warung bakso kembali. Sekitar pukul 2 siang warung sedang ramai-ramainya. Saat asyik berjualan, si ibu pemilik warung tiba-tiba dapat telepon dari keluarganya, lalu dia bergegas ke belakang untuk menjawab telepon," tulisnya.
source: https://food.detik.com/

Ibu pemilik warung bakso menerima telepon dengan waktu yang lama. Hal tersebut membuat pelanggan banyak yang menunggu. Sementara dirinya tidak diperbolehkan menuangkan kuah. Bapak pemilik warung bakso pun tak terlihat ada di warung.

Anonim tersebut akhirnya berinisiatif untuk menuangkan kuah ke mangkuk bakso dan mie ayam yang sudah ada diisi sebelumnya. Supaya tak salah, bahkan anonim mengikuti langkah pemilik warung untuk mengaduk-aduk kuah sebelum dituang.

Hal tak terduga terjadi ketika anonim itu mulai mengangkat kuah dari dalam panci. Saat mengangkat kuah ia merasakan sesuatu yang berat.

"Awalnya saya kira itu tulang sapi untuk kaldunya. Setelah saya angkat tapi tidak sampai keluar kuali ternyata adalah pakaian dalam berwarna hitam."

Karena terkaget, ia pun lantas menjatuhkan kembali celana dalam tersebut ke dalam kuali. Sejak saat itu ia berpikir bahwa celana dalam berwarna hitam tersebut merupakan penglaris atau pesugihan yang dilakukan si pemilik warung bakso.

Warung Bakso Pakai Penglaris Celana Dalam, Pengakuan Karyawannya Jadi Viral
source: https://food.detik.com/
baca juga

Anonim itu hanya menceritakan apa yang ia lihat kepada sepupunya saja yang juga bekerja di tempat yang sama. Kisah yang dibagikan oleh anonim itu kemudian menjadi viral karena banyak diunggah ulang oleh akun-akun di instagram.

Unggahan tersebut juga ditanggapi oleh netizen. Ternyata hal tersebut sudah tak asing lagi bagi para netizen. Menurut mereka banyak yang melakukan hal serupa agar dagangan menjadi laris.

Warung Bakso Pakai Penglaris Celana Dalam, Pengakuan Karyawannya Jadi Viral
source: https://food.detik.com/
"Memang banyak si yang kayak gitu gua udah tau dari lama kalau banyak tukang bakso pakai celana dalam buat penglaris nya (tapi gak semua)," tulis komentar netizen @reginaputtriii.
source: https://food.detik.com/

Wah, cukup mengejutkan ya, Moms. Lalu bagaimana ya Moms hukum menggunakan penglaris jualan dalam islam?

Hukum Berdagang Menggunakan Penglaris

Penyebab banyaknya pedagang yang menggunakan penglaris karena banyaknya pedagang-pedagang yang berjualan barang sejenis dan biasanya mereka berjualan ditempat yang berdekatan atau bahkan bersebelahan contohnya seperti di pasar.

Para pedagang tersebut takut bahwa dengan banyaknya persaingan tersebut dapat menyebabkan kurangnya pembeli padahal Allah sudah memberikan rezeki kepada masing-masing umatnya. Maka dari itu sebaiknya sebagai umat muslim, Moms harus berjualan dengan cara yang sudah ditetapkan dalam hukum Islam dan menghindari hal-hal yang dilarang.

Hukum Berdagang Menggunakan Penglaris

Jika ketaatan dan ketakwaan adalah jalan mudah meraih berkah, sebaliknya segala macam maksiat menjauhkan dari berkah. Demikianlah dengan jimat penglaris yang termasuk syirik akan menjauhkan dari berkah.

Pemakai jimat sangat bergantung pada jimat tersebut, padahal jimat penglaris hanyalah sebab yang mengada-ada, secara ilmiah tidak terbukti sebagai penglaris. Barangkali cuma karena sugesti atau hanya sekedar bukti sekali dua kali, dagangannya bisa laris.

Namun belum tentu terbukti laris bagi yang lain. Bahkan yang tidak memakai jimat penglaris, malah lebih laris. Ketergantungan hati pada jimat-jimat yang serba aneh ini yang dinilai syirik. Dikutip dari Rumaysho, para ulama memberikan rincian sebagai berikut:

  • Jika yakin bahwa tamimah atau jimat bisa mendatangkan manfaat dan menolak bahaya (mudhorot), maka ini termasuk syirik akbar. Karena yang mendatangkan manfaat dan bisa menolak bahaya hanyalah Allah, bukanlah jimat.
  • Jika yakin bahwa jimat hanyalah sebagai sebab atau sarana untuk penyembuhan –misalnya-, namun yang sebenarnya menyembuhkan adalah Allah, maka ini termasuk syirik ashgor. Demikianlah keyakinan kebanyakan orang yang memakai jimat pada umumnya. Hal ini tetap dinilai syirik karena adanya ketergantungan hati pada jimat, bukan pada Allah dan jimat sendiri tidak terbukti ampuh secara syar’i maupun empiris.
Jadi sudah jelas ya, Moms. Dalam islam menggunakan penglaris dagangan itu dilarang karena termasuk hal syirik. Semoga kita semua dijauhkan dari hal-hal demikian ya, Moms. Berjualan dengan jujur dan menghasilkan uang yang halal akan lebih berkah. Karena rizki tidak akan tertukar.