Pelepah Pinang Diubah Menjadi Piring

Jambi memang memiliki banyak produk unggulan, seperti pinang, kelapa bulat, cangkang sawit, karet, dan kayu olahan. Nah produk-produk ini diekspor hingga keluar negeri lho, Moms. Namun sayangnya, sebagian produk diekspor dalam bentuk mentah.

Seperti dilansir NewsDetik, biasanya pelepah pinang dibakar oleh para petani di Bayung Lencir, Sumsel. Namun kini, pelepah pinang tersebut sudah tidak lagi dibakar, namun mulai dimanfaatkan warga untuk menjadi kerajinan yang punya nilai jual. Pelepah pinang adalah bagian dari pohon pinang yang biasanya melindungi bagian dalam pohon pinang.

Ketua Koperasi Mendis Maju, Suprianto, mengatakan banyak warga yang tertarik kerajinan tersebut. Ada juga pesanan dari luar Sumsel.

Pelepah Pinang Diubah Menjadi Piring
source: https://news.detik.com/
"Pendatang sangat tertarik untuk oleh-oleh. Bahkan mereka ada yang minta dikirim piring dan kotak nasi sebanyak sekitar 2.500 biji," ujar Suprianto
source: https://news.detik.com/

Cara Membuat Pelepah Pinang Menjadi Piring

Untuk memproduksi peralatan makan dari pelepah pinang warga menggunakan mesin press. Cara kerjanya, pinang yang dibeli dari petani dibersihkan. Karena pelepah pinang dari petani sangat kering, pelepah dicelup ke dalam air kemudian dimasukkan ke dalam mesin untuk di-press tiga menit dengan suhu 130 derajat. Setelah itu pelepah dipotong sesuai ukuran piring atau kotak nasi.

Cara Membuat Pelepah Pinang Menjadi Piring
"Sebelum cetak, pelepah harus dibasahi dulu agar lebih lembut dan tidak mudah robek," kata Supriyanto.
source: https://news.detik.com/

Tak ada pewarna tambahan dalam kerajinan ini. Biasanya, pelepah pinang dihargai Rp 300-400 per lembar berukuran 25 cm. Berbeda dengan styrofoam, tekstur pelepah pinang ini sangat unik, Moms. Terlihat serat pelepah berwarna coklat atau pun hitam. Serat-serat tersebut nampak seperti motif yang cantik.

Tak hanya itu, baunya pun khas. Bila dicium akan terendus aroma alam atau hutan tropis. Bentuknya pun lebih tebal dari styrofoam. Karena pelepah pinang termasuk bahan alami, maka piring pelepah pinang aman digunakan berulang kali. Kecuali untuk makanan berkuah, hanya bisa digunakan sekali.

"Dari petani kita Rp 300-400 per lembar berukuran lebar minimal 25 cm. Setiap lembar bahan bisa dijadikan maksimal 2 produk," katanya.

baca juga

Harga Kerajinan Pelepah Pinang

Setelah melalui berbagai tahap produksi, piring, kotak nasi dan sendok pelepah siap dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 1.500-1.800 setiap bijinya. Bahkan jika cuaca trik para pengrajin dapat produksi hingga 50 ribu kerajinan dalam sebulan.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza mengaku senang dengan hasil karya produk ramah lingkungan. Masyarakat, menurutnya, sudah lama mendapat pembinaan dari Kelola Sandang ZSL Indonesia.

Harga Kerajinan Pelepah Pinang
"Ini program pemberdayaan masyarakat yang hidup dan bermukim di kawasan hidrologis gambut Sungai Merang, Musi Banyuasin dan ini sangat terbantu sekali. Tentunya program yang baik seperti ini menambah penghasilan warga sebagai bagian pengentasan kemiskinan serta produk yang dihasilkan pun ramah lingkungan," kata Dodi.
source: https://news.detik.com/

Wah kreatif ya, Moms. Dengan begitu, sampah plastik pun akan ikut berkurang kan, Moms. Bisa ditiru nih, Moms.