Saat banjir, penyakit ini bisa terjadi jika kita menggunakan pakaian basah atau berendam dalam banjir dengan waktu lama. Kondisi kedinginan membuat tubuh Moms dan keluarga mengalami kehilangan panas hingga mencapai 90 persen dan menjadikan tubuh lemah sehingga akan mudah terjangkit penyakit ini.

Hiportemia dapat mengakibatkan kepala pusing, badan lemas, kejang-kejang hingga meninggal dunia. Moms dan keluarga dapat mencegah hiportemia dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak, protein, dan karbohidrat. Berikut makanan dan minuman untuk mencegah hipotermia:

Pisang

Buah pisang menjadi sumber energi instan yang kita butuhkan karena akan membuat perut tetap kenyang dengan memakannya dan juga memberikan vitamin bagi tubuh. Vitamin B dan juga magnesium pada pisang akan membantu kelenjar tiroid dan adrenal Moms bekerja baik. Kelenjar tersebut akan mengatur suhu tubuh Moms sehingga akan menghangatkan dan mencegah terkena penyakit hipotermia.

Cegah Hipotermia dengan 5 Makanan dan Minuman Ini

Daging Merah

Daging merah merupakan sumber protein yang berperan penting bagi tubuh. Selain itu daging merah juga memiliki zat besi yang mengandung mineral penting untuk metabolisme tubuh dan membawa oksigen keseluruh tubuh. Dengan mengonsumsi daging merah Moms dan keluarga tidak rentan lelah akibat tangan dan kaki yang mengalami kedinginan.

Daging Merah
baca juga

Ubi Jalar

Solusi untuk penyakit hipotermia lainnya yaitu dengan memakan ubi jalar. Pasalnya umbian ini dapat menambahkan serat dan nutrisi serta banyak energi yang dicerna tubuh untuk meningkatkan suhu tubuh. Kandungan vitamin A, C, dan potasium yang tinggi pada ubi jalar juga akan membantu menguatkan tubuh Moms.

Ubi Jalar

Kopi

Minuman yang dikenal dengan kandungan kafein yang tinggi ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga akan mempengaruhi suhu tubuh Moms. Meminum es kopi akan lebih baik karena mengandung lebih banyak kafein, namun Moms dapat menyesuaikan pada situasi banjir seperti beberapa saat ini untuk meminum kopi hangat agar dapat menghangatkan tubuh Moms. Kopi akan membantu untuk mencegah risiko hipotermia.

Kopi
baca juga

Air Putih

Agar mencegah terjadinya suhu tubuh yang menurun karena dehidrasi, Moms dianjurkan untuk rajin minum air putih sesering mungkin. Air putih akan menjaga metabolisme dan mencegah gangguan pencernaan serta membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Sehingga akan menjauhkan Moms dari terkena hipotermia.

Air Putih