Tips Hidup Sehat Ala dr. Zaidul Akbar

Bagi para mommies yang muslim, tentu akan kenal sosok teladan umat muslim yang sangat dijunjung tinggi, yakni nabi Muhammad SAW. Beliau merupakan teladan untuk para pengikutnya. Adapun ajaran hidup yang dicontohkan salah satunya menunjukkan bagaimana cara hidup sehat menurut Islam yang baik. Pola hidup Rasulullah merupakan contoh yang tepat untuk menjaga kesehatanmu, moms.

Sebagaimana pernah disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar, hal terpenting ketika kita ingin menjaga kesehatan tubuh adalah Memperhatikan kesehatan hati dari sifat-sifat buruk. Selanjutnya memperbaiki pola hidup sehat yang sesuai dengan ajaran Nabi. Adapun beberapa tips untuk menjalankan pola hidup sehat sebagaimana sunnah Rasul adalah sebagai berikut moms:

Rutin Melaksanakan Puasa Sunnah

Puasa sunnah yang diajarakan dalam Islam terdapat berbagai macam. Seperti puasa hari senin dan kamis, puasa ayyamul bidh dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih sesuai kemampuanmu moms. Konon berpuasa atau mengosongkan isi perut merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan organ dalam perutmu. Karena pada dasarnya ketika organ bekerja lebih ringan, maka kesehatan akan semakin terjaga. Sebaliknya jika terlalu banyak makan, maka berpengaruh pula pada kesehatan organ tubuhmu moms.

Rutin Melaksanakan Puasa Sunnah
baca juga

Makan Makanan yang Halal dan Thayyib

Memberikan makan yang tidak baik pada tubuh tentu akan berpengaruh pada kesehatanmu moms. Tidak hanya itu, halal tidaknya makanan tersebut juga memberi dampak yang berbeda pada tubuh. Di dalam kitab suci al-Quran juga dijelaskan bahwa jika kita makan, maka harus makanan yang halal dan thayyib alias baik bagi tubuh. adapun makanan yang halal dan thayyib seperti sayuran, buah-buahan, sedang makanan yang halal namun tidak thayyib seperti mie instan dan makanan cepat saji lainnya.

Makan Makanan yang Halal dan Thayyib

Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah, bahwa kita harus berhenti makan sebelum kenyang. Karena ketika kondisi perut kenyang, tubuh akan merasa berat dan enggan untuk beraktifitas.

Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Hal ini disebabkan karena sejatinya makan bagi umat muslim adalah sebagai upaya menjaga kekuatan tubuh untuk beribadah kepadaNya.

baca juga

Berhenti Melakukan Hal yang Menyebabkan Sakit

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa salah satu cara untuk menghindari sakit adalah berhenti mengonsumsi apapun yang menjadi penyebabnya. Tidak ada bedanya jika kita mengonsumsi makanan herbal tetapi tidak memperhatikan makanan lain yang dikonsumsi. Salah satu yang perlu dikurangi adalah makanan yang berminyak dan makanan yang mengandung tepung moms.
Itulah beberapa tips hidup sehat ala dr Zaidul Akbar. selamat mencoba!

Berhenti Melakukan Hal yang Menyebabkan Sakit