Tentu Mommy tahu jika penggunaan MSG masih terus menimbulkan pro dan kontra. Itulah sebabnya, sebagai langkah aman banyak para ibu rumah tangga yang memilih untuk menggunakan produk penyedap masakan alternatif. Salah satu yang paling populer adalah kaldu jamur Totole. Produk ini adalah diproduksi oleh Shanghai Totole Food Ltd. Totole sendiri merupakan granula atau butiran penyedap masakan yang terbuat dari bahan alami berupa ekstrak jamur, beras, gula, protein sayur, serta tepung jagung.

Fakta Jamur Totole, Pengganti MSG yang Bantu Stabilkan Kolesterol
source: https://www.happyfresh.com/

Seperti yang diketahui, Totole merupakan bahan alternatif penyedap masakan yang dapat dicampur pada berbagai menu masakan. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa rasa yang dihasilkan dari Totole lebih enak dan sedap dibandingkan dengan MSG pada umumnya. Namun, rasa gurihnya memang tidak sekuat MSG.

Karena terbuat dari kaldu jamur, Totole menjadi sangat populer di kalangan orang-orang yang anti-MSG. Penggunaan Totole ini sangat membantu untuk mereka yang sedang belajar masak dan ingin membuat masakan enak tanpa menambah MSG. 

Fakta Jamur Totole, Pengganti MSG yang Bantu Stabilkan Kolesterol
source: https://www.shopee.co.id/

Selain itu, fakta menarik tentang Totole lain yang juga harus Mommy tahu adalah Totole tidak hanya dapat bekerja menyedapkan masakan, tetapi juga menyehatkan. Pasalnya, penyedap rasa alami ini dapat mengatasi kekurangan vitamin B12, kaya akan antoksidan, meningkatkan imun tubuh, dan membantu menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

baca juga

Tidak hanya aman dikonsumsi, Totole yang kerap digunakan sebagai pengganti MSG ini dapat membuat feses tidak berbau menyengat. Menggunakan Totole juga tidak akan membuat lidah dan tenggorokan menjadi kering seperti saat mencampur makanan dengan penyedap MSG.

Fakta Jamur Totole, Pengganti MSG yang Bantu Stabilkan Kolesterol
source: https://thehealthyfoodie.com/

Meskipun begitu, penyedap kaldu jamur ini juga memiliki batas kadaluarsa. Pada umumnya, Totole akan tidak layak lagi digunakan setelah enam bulan dibuka. Mommy juga harus selalu memastikan untuk menutup rapat botol atau bungkus Totole. Jika tidak, granulanya akan lembap. Kalaupun itu terjadi Mommy masih bisa menggunakannya sebagai bumbu masak.