Berawal dari tweet

Kehebohan ini dimulai dari tweet di akun Bandungfess yang kemudian viral. Dalam tweet tersebut, ada salah satu wanita berasal dari Bandung yang mencoba menghilangkan tahi lalat di wajah dengan cara mencampur kapur sirih dan sabun colek lalu dioleskan ke wajah. Namun ternyata, racikan tersebut berakibat buruk pada wajahnya. Pada tweet tersebut, dilampirkan foto wanita tersebut yang memperlihatkan kulitnya yang memerah dan berdarah.

"Euy titipan, Ini aku pakein kapur sirih+sabun ekonomi di mix malah pada gini (rekomen Youtube) itu tuh darah tapi ga keluar terus kulit pada ngelupas, ada yang tau obatnya apa?" tulis akun @bdgfess.
Berawal dari tweet
source: https://twitter.com/bdgfess/
Netizen menyayangkan aksi tersebut. Sebab bahan-bahan tersebut tidak boleh digunakan pada wajah karena dapat mengiritasi kulit. Sontak netizen mencari tutorial yang dimaksud wanita di Bandungfess tersebut.

Marisha Chacha

Dilansir dari WolipopDetik, adalah Marisha Chacha, Youtuber yang membuat konten dengan judul "Menghilangkan Tahi Lalat Tanpa Operasi" yang dinilai menyesatkan. Kini komentar Youtube Marisha diserbu netizen karena memberikan info dan tutorial yang membahayakan.

Dalam videonya yang viral, Marisha mempraktekkan cara menghilangkan tahi lalat memakai kapur sirih dan sabun colek. Dengan keterangan tambahan, modal tersebut kurang dari Rp5.000. Marisha membeli kapur sirih seharga Rp2.000, dan sisanya berupa sabun colek dan cotton bud yang tersedia di rumah.
Marisha Chacha
source: http://www.youtube.com

Marisha mengaku sudah 2 kali menggunakan cara ini untuk menghilangkan tahi lalat di tubuhnya. "Dan menurut aku ini aman sih, karena aku sudah dua kali menghilangkan tahi lalat di atas alis sebelah kiri dan punggung," katanya dalam video yang ia unggah 3 Agustus 2018. Bahkan Marisha menyakinkan penonton Youtube-nya, bahwa yang ia lakukan ini tidaklah berbahaya. Melainkan harus dilakukan sangat hati-hati agar tidak membekas.

baca juga

Korban lain

Sayangnya, video Marisha ini sudah ditonton banyak wanita Indonesia. Dan mereka mengalami iritasi kulit wajah yang cukup parah karena mengikuti tutorial Marisha ini. Tidak hanya wanita dalam akun Bandungfess, beberapa netizen juga mengeluhkan kulit yang semakin buruk dan bahkan berdarah, bernanah dan kulit terkelupas pasca mencoba tips menghilangkan tahi lalat yang dilakukan Marisha Chacha.
Korban lain
source: http://www.twitter.com/natashia____

Komentar Tasya Farasya

Beauty vlogger, Tasya Farasya diserbu netizen yang menanyakan pendapatnya mengenai tweet yang viral tersebut. Tasya pun menyayangkan aksi yang dilakukan wanita tersebut. Sebab menggunakan sabun colek untuk wajah adalah hal yang salah besar. Ia sangat kaget banyak tutorial serupa yang bertebaran di Youtube.

Dokter Kulit dan Kelamin, Dr Mita, SpKK menyebutkan di Instagram Story-nya, bahwa video yang beredar di sosial media, jangan ditelan mentah-mentah. Perlu adanya informasi tambahan, crosschheck dan pengetahuan. Sebab menurutnya, saat ini banyak content creator yang membuat konten yang asal dan menyesatkan. Akibatnya, banyak penonton yang belum teredukasi penuh, ikut-ikutan tutorial yang berbahaya ini.
Komentar Tasya Farasya
source: https://www.instagram.com/igtainmenttt
baca juga

Bahan makanan untuk kecantikan

Kapur sirih memiliki kandungan yang berbahaya dan merusak jaringan kulit. Begitu pula dengan sabun colek. Bahan utama sabun, natrium hidroksida dapat membuat kulit terasa panas, terbakar hingga iritasi. Karena kandungan sabun berfungsi untuk mengangkat kotoran yang menempel pada baju. Tentunya kandungan kapur sirih dan sabun colek berbahaya bagi kulit karena dapat menimbulkan reaksi iritasi dari yang ringan hingga parah.

Hal ini berlaku juga bagi beberapa bahan makanan. Tidak semua bahan makanan dapat digunakan sebagai masker atau perawatan kecantikan. Contohnya, cuka. Cuka masak berbeda dengan cuka apel. Bila cuka apel mengandung hasil fermentasi dari buah apel, cuka masak mengandung asam asetat dalam jumlah yang tinggi. Kandungan inilah yang dapat mengiritasi kulit hingga lapisan epidermis. Jeruk nipis juga dapat merusak lapisan atau barier kulit. Dan baking soda dapat membuat kulit sangat kering.

Bahan makanan untuk kecantikan
source: http://www.indiamart.com
Bila menemui permasalahan di wajah yang cukup serius, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit atau klinik kecantikan. Diagnosis yang tepat dapat merawat wajah menjadi lebih baik. Jangan termakan tutorial atau konten 'ngawur' yang belum tentu benar demi mendapatkan wajah yang mulus. Gunakan produk skincare atau perawatan yang sudah jelas dan lolos uji BPOM. Jangan bahayakan kesehatan wajah karena termakan konten yang tidak jelas, ya, Moms!