Jantung

Jantung merupakan salah satu dari serangkaian organ penting dalam tubuh kita. Fungsi utama jantung adalah mengalirkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Dengan demikian seluruh anggota tubuh dapat teraliri oleh darah dengan sempurna. Adapun penyakit jantung terdiri dari banyak kendala, salah satunya adalah penyumbatan jantung. Nah moms, berikut bahan dan resep pembuatan ramuan untuk menyehatkan jantung serta mengatasi penyumbatan jantung.   

Jantung

Bawang Putih

Sejak dahulu bawang putih dengan aromanya yang khas dikenal sebagai bahan dapur yang memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan. Apalagi jika bawang putih tersebut dikeringkan, ia akan menyuguhkan manfaat yang paling konsisten ditunjukkan oleh ekstrak dari bawang putih yang dikeringkan (aged garlic). Merangkum sejumlah penelitian, ekstrak aged garlic mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. Sehingga mengurangi resiko penyumbatan pada jantung. Tidak hanya itu, manfaat lain dari mengonsumsi bawang putih adalah menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah.

Bawang Putih
baca juga

Jahe Merah

Bahan selanjutnya adalah jahe merah. Jahe merah dikenal sebagai ramuan yang menghangatkan. konon dengan demikian ia mampu mengatasi masalah pernapasan seperti batuk dan flu. Adapun manfaat lain dari jahe yang berwarna merah ini adalah menjaga kesehatan jantung. Apalagi jika dikonsumsi secara teratur. Jahe merah ini terbukti mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida yang merupakan penyebab utama penyumbatan jantung.

Jahe Merah

Apel Malang

Apel yang berwarna hijau ini sering disebut dengan apel malang. Hal ini disebabkan karena apel ini banyak ditemui di malang dan sekitarnya. Kandungan apel pun sangat beragam sehingga memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan. Salah satunya adalah Fitokimia dan fitonutrien dimana kandungan berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam aliran darah. Dengan demikian akan berpengaruh pada kesehatan jantung kamu moms.

Apel Malang

Adapun manfaat lain dari apel ini adalah menurunkan tekanan darah, menstabilkan gula darah, meningkatkan kolesterol baik atau HDL, membunuh virus infeksi, mengurangi selera makan, memperlancar pencernaan, mempertahankan kesehatan saraf, serta dapat menjadi agen anti kanker.

baca juga

Jeruk Lemon

Meski dikenal sangat asam, ternyata jeruk lemon memiliki manfaat beragam untuk kesehatan moms. Adapun beberapa manfaat air lemon adalah untuk menurunkan berat badan. Sehingga banyak dikonsumsi untuk program diet. Padahal banyak sekali kandungan jeruk lemon yang baik untuk kesehatan. Salah satunya yakni flavonoid. yang dikenal mampu menjaga lemak dan gula darah pada tingkat yang stabil. Lemon juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Lemon juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Jeruk Lemon

Cuka Apel

Sebagaimana namanya sudah bisa dibayangkan bagaimana rasa dan aroma dari cuka apel ini. kadar asam yang maksimal dan aroma yang menyengat ternyata memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan moms. Cuka apel merupakan fermentasi dari buah apel yang diproses dalam jangka waktu yang tidak singkat. Maka tak salah jika ia memiliki manfaat yang sangat membantu menjaga kesehatan manusia. Adapun beberapa manfaat dari cka apel yaitu menurukan kadar gula dalam dara, mengatasi diare, maag dan bahkan menjaga kesehatan jantung.

Cuka Apel

Jika Mengonsumsi cuka apel secara teratur dapat menurunkan kadar lemak dalam darah (lipid). Menurunkan kadar lipid dapat membantu mencegah penyakit jantung, yang menjadi salah satu faktor penyebab disfungsi ereksi (impotensi) pada pria.

Resep Ramuan Untuk Kesehatan Jantung ala dr. Zaidul Akbar

Bahan yang dibutuhkan:

  • ¼ kg bawang putih
  • ¼ kg jahe merah
  • ¼ kg apel malang
  • ¾ gelas air lemon
  • ¼ gelas cuka apel
  • 6 gelas air
  • 1 gelas madu
Resep Ramuan Untuk Kesehatan Jantung ala dr. Zaidul Akbar

Cara membuatnya:

  1. blender semua bahan yang sudah disiapkan kecuali madu. selanjutnya masak sambil diaduk sampai mendidih
  2. setelah mendidih matikan dan tunggu hingga hangat
  3. saring setelah dingin dan tambahkan madu
  4. setelah selesai, simpan di kulkas.

Cara mengonsumsinya yakni 3 x 3 sdt/hari. Selamat mencoba moms!