Stunting

Stunting adalah kondisi ketika anak lebih pendek dibandingkan anak-anak lain seusianya, atau dengan kata lain, tinggi badan anak berada di bawah standar. Standar yang dipakai sebagai acuan adalah kurva pertumbuhan yang dibuat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Stunting terjadi karena kurangnya asupan gizi pada anak dalam 1000 hari pertama kehidupan, yaitu semenjak anak masih di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun (golden age).

5 Zat Gizi yang Dibutuhkan Anak Pendek, Yuk Berantas Stunting, Moms!
source: http://www.dailymirror.lk/medicine/Short-is-not-always-Sweet-Learn-about-Short-Stature-in-Children/308-160970

Stunting pada anak bisa disebabkan oleh masalah pada saat kehamilan, melahirkan, menyusui, atau setelahnya, seperti pemberian MPASI yang tidak mencukupi asupan nutrisi.

Selain nutrisi yang buruk, stunting juga bisa disebabkan oleh kebersihan lingkungan yang buruk, sehingga anak sering terkena infeksi. Pola asuh yang kurang baik juga ikut berkontribusi atas terjadinya stunting. Buruknya pola asuh orang tua sering kali disebabkan oleh kondisi ibu yang masih terlalu muda, atau jarak antar kehamilan terlalu dekat.

Nutrisi yang dibutuhkan anak stunting

Semua jenis nutrisi pada dasarnya penting bagi anak-anak yang mengalami stunting. Namun, berikut adalah beberapa nutrisi yang memiliki pengaruh paling besar bagi kesehatan anak-anak tersebut:

1. Protein

Protein adalah nutrisi yang amat penting untuk anak stunting. Tidak hanya terancam gagal tumbuh, anak stunting yang kekurangan protein juga lebih mudah kehilangan massa otot, mengalami patah tulang, serta terkena penyakit infeksi.

Moms bisa memasukkan beberapa protein dalam piring saji si kecil, seperti ikan, tahu tempe dan juga telur. 

5 Zat Gizi yang Dibutuhkan Anak Pendek, Yuk Berantas Stunting, Moms!
source: https://m.economictimes.com/news/economy/policy/protein-push-niti-aayog-mulls-pds-supply-of-eggs-fish-meat/articleshow/72861907.cms

2. Zat besi

Nutrisi penting selanjutnya adalah zat besi. Zat besi sendiri adalah mineral yang penting bagi pertumbuhan anak. Mineral ini berikatan dengan sel darah merah untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Dengan begitu, setiap organ dan jaringan tubuh bisa berkembang sesuai fungsinya.

Jika anak stunting kekurangan zat besi, dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan anemia. Jika tidak ditangani, anemia berkepanjangan bisa menghambat perkembangan mental. Hal ini akan tentu akan berpengaruh pada proses belajarnya di sekolah.

baca juga

3. Zinc

Zinc sangat diperlukan bagi anak yang menderita stunting untuk kelangsungan pertumbuhan, pembentukan sel, perkembangan sel menjadi jaringan dan organ tertentu, serta melindungi anak dari penyakit infeksi. 

Jika anak stunting kekurangan asupan zinc dapat memperparah kondisinya. Tak hanya pertumbuhannya yang terhambat, kekurangan zinc juga dapat membuat mereka mengalami gangguan kognitif, seperti kesulitan dalam belajar, gangguan memori, serta sulit untuk memusatkan perhatian.

5 Zat Gizi yang Dibutuhkan Anak Pendek, Yuk Berantas Stunting, Moms!
source: https://m.timesofindia.com/life-style/food-news/foods-that-increase-zinc-level-in-the-body/amp_articleshow/68642977.cms

4. Vitamin D dan Kalsium

Menjaga kesehatan tulang adalah fungsi utama kalsium dan vitamin D. Kalsium adalah komponen utama tulang, sementara vitamin D membantu proses metabolisme kalsium. Selain itu, kalsium pun dibutuhkan untuk kesehatan sistem saraf, otot, dan jantung.

Keduanya berperan penting bagi kesehatan anak stunting karena manfaatnya begitu luas. Tanpa asupan kalsium yang memadai, anak stunting sangat berisiko mengalami masalah perkembangan tulang, kulit, kuku, serta gigi.

5. Karbohidrat

Sumber energi didapat dari mengkonsumsi karbohidrat. Dengan adanya energi yang cukup, anak-anak stunting dapat beraktivitas secara leluasa sehingga otaknya terus terpancing untuk belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

Tubuh mereka juga memerlukan energi untuk menjalani berbagai fungsi, termasuk menguraikan dan menyerap beragam nutrisi penting untuk pertumbuhan. Sebaliknya, kekurangan karbohidrat bisa mengganggu metabolisme dan membuat anak cepat lesu.

Karbohidrat sendiri tak hanya bisa didapat dari nasi, tapi juga dari kebtang, ubi dan singkong. Jika si kecil bosan dengan nasi, Moms bisa berkreasi dengan bahan karbohidrat lainnya.

5 Zat Gizi yang Dibutuhkan Anak Pendek, Yuk Berantas Stunting, Moms!
source: https://m.timesofindia.com/life-style/food-news/this-is-the-worst-time-of-the-day-to-eat-carbohydrates/amp_etphotostory/70257479.cms

Berikut tadi asupan gizi yang penting bagi anak yang menderita stunting. Meski tidak lagi bisa menambah tinggianak-anak stunting, beragam nutrisi ini dapat membantu perkembangan dari segi lainnya. Mencukupi kebutuhan kelima nutrisi tersebut juga akan membuat anak-anak stunting lebih sehat dan mampu melawan penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat!